tirto.id - Penyelenggaraan Jakarta Sneaker Day (JSD) 2018, Jumat (2/3/2018) telah masuki hari kedua. Acara ini disambut antusias pengunjung, terutama dari kalangan pecinta sepatu kets.
Acara yang telah sukses digelar selama dua tahun ini berlokasi di lantai 8 The Hall, Senayan City, Jakarta.
Salah satu sepatu yang paling ditunggu adalah dari brand Vans. Co Founder Jakarta Sneaker Day, Muhammad Triangga mengatakan kepada Tirto bahwa di JSD 2018, akan dirilis beberapa sneaker secara ekslusif, diantaranya Vans x Metallica, Vans x SpongeBob dan Puma x Hello Kitty.
"Top brandnya ada banyak, diantaranya Vans x Metallica, Vans x SpongeBob, Puma x Hello Kitty sama ada dari G-Shock juga," tutur Angga.
Berdasarkan penelusuran Tirto, tenant yang akan merilis Vans secara terbatas tersebut adalah Dope & Dapper. Toko sepatu ini adalah salah satu pemegang lisensi resmi Vault by Vans.
Karena dijual secara terbatas, pembelian sepatu Vans ini akan memberlakukan sistem raffle atau undian. Bagi pengunjung yang ingin membeli, mereka bisa memperoleh kupon raffle pada hari Sabtu (3/3/2018) pukul 10.00 WIB di stage Jakarta Sneaker Day 2018, dan akan diundi pada pukul 15.30 WIB.
Vans x Metallica dibanderol dengan harga retail yaitu Rp1.199.000 untuk Metallica x Vans Slip On dan Rp2.499.000 untuk jenis SK8 High.
Bagi para sneakerhead Indonesia (sebutan bagi para pecinta sneaker), JSD hari ketiga tanggal 3 Maret 2018 akan ada talkshow yang bertema "South East Asia Sneaker Scene" bersama Adityalogy sebagai Brand Ambassador JSD, Bryan Chin dari Sneakerlah Malaysia dan Dexter dari Sole Superior Singapore.
Talkshow tersebut akan membahas tentang Perkembangan Sneaker Culture di South East Asia, dan akan dimulai pukul 16.30 WIB.
Hari ini, di JSD 2018 juga digelar talkshow Sneaker 101 bersama para kolektor dan sneaker enthusiast di Indonesia yang dimulai pukul 16.00 WIB.
Muhammad Triangga mengatakan, JSD kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, karena tidak hanya sekedar menjual sepatu, tapi juga memberikan edukasi kepada para pecinta sneaker.
“Tahun ini kita beda. Kalau kemarin-kemarin banyak acara sneaker yang cuman mengulas dari sisi hypenya saja, tahun ini kita akan lebih mengulas soal sejarah, kenapa sebuah brand sepatu bisa terkenal, dan asal usul sepatu,” kata Angga kepada Tirto Rabu (28/2/2018) malam.
Angga menargetkan pengunjung kali ini bisa mencapai 21.000 orang dalam 3 hari penyelenggaraan. Adapun tenant yang berpartisipasi kurang lebih sebanyak 40.
“Targetnya 21.000 pengunjung untuk tiga hari, karena liat antusias yang tahun lalu [JSD 2017], kita cuman target 7.000 pengunjung ternyata bisa sampai 15.000 pengunjung dalam 2 hari,” kata Angga.