Jadwal Timnas Indonesia vs Curacao FIFA Matchday 24 & 27 September

Kontributor: Ahmad Yasin, tirto.id - 22 Agu 2022 16:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Timnas Indonesia vs Curacao dalam agenda FIFA Matchday 2022 adalah pada tanggal 24 dan 27 September mendatang.
tirto.id - Jadwal Timnas Indonesia vs Curacao dalam laga FIFA Matchday 2022 yang berlangsung 2 kali ialah pada Sabtu, 24 September 2022, dan Selasa, 27 September 2022. Dua laga Timnas Indonesia itu akan berlangsung di tempat berbeda.

Sebagaimana dilansir laman PSSI, pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao pada 24 September 2022 akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung. Kemudian, pada 27 September, Timnas akan kembali meladeni skuad Curacao di Jakarta International Stadium.

“Semoga di 2 laga melawan Curacao kami meraih kemenangan untuk mendongkrak peringkat FIFA Indonesia dan sebagai salah satu persiapan mengikuti Piala AFF akhir tahun nanti," terang Sekjen PSSI Yunus Nusi via laman resmi federasi.

Curacao semula bukanlah satu-satunya lawan timnas Indonesia. PSSI juga berhubungan dengan India sebagai salah satu opsi yang bakal dihadapi Garuda Nusantara pada agenda FIFA Matchday. Namun, rencana tersebut batal karena India baru saja mendapat sanksi FIFA.

PSSI mencari lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia senior dengan kriteria minimal memiliki peringkat di kisaran 80-100 dalam ranking FIFA. Lawan dengan kategori tersebut diharapkan dapat menguji permainan anak asuh Shin Tae-yong.

Jadwal FIFA Matchday 2022: Timnas Indonesia vs Curacao

Timnas Curacao masuk dalam kriteria PSSI. Curacao yang merupakan negara pulau di Laut Karibia selatan dan berada di bawah konfenderasi CONCACAF itu menempati posisi 84 dalam ranking FIFA. Total poin Curacao saat ini adalah 1293,35.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, posisi Curacao masih jauh lebih baik. Indonesia saat ini baru menduduki ranking 155 serta menghimpun 1019,19 poin. Perbedaan ini memperlihatkan kekuatan Indonesia dan Curacao.

Kans memperbaiki ranking FIFA terbuka jika Indonesia mampu menumbangkan Curacao. Sebagai timnas sepak bola, Curacao sebenarnya kurang menonjol. Negara ini belum pernah berpartisipasi dalam Piala Dunia. Usaha terakhir Curacao untuk lolos ke Piala Dunia 2022 harus terhenti di ronde kedua karena takluk oleh Panama dengan agregat 2-1.

Prestasi Curacao di kompetisi resmi tahun ini juga terbilang kurang memuaskan. Saat pelaksanaan CONCACAF Nations League 2022/2023, skuad berjuluk La Familia Azul itu belum berbicara banyak. Curacao berada di dasar klasemen Grup C dari Liga A.


Sebanyak 3 poin dikumpulkan Curacao dan menyamai perolehan Kanada. Namun, tim asuhan Art Langeler masih kalah dari segi selisih gol. Posisi juru kunci dapat memperbesar peluang Curacao terdegradasi ke Liga B. Kendati begitu, Curacao juga berhasil memberi kejutan.

Dari 3 pertandingan yang dilakoni dalam gelaran CONCACAF Nations League 2022/2023, Curacao berhasil mencuri poin penuh. Keberhasilan tersebut berkat kemenangan Curacao atas Honduras lewat skor tipis 1-2. Gol Curacao dicetak sang kapten Leandro Bacuna dan Anthony van den Hurk.

Dari segi susunan pemain tim, skuad Curacao diisi oleh sejumlah penggawa yang berkiprah di klub Eropa. Misalnya, Tyrick Bodak, penjaga gawang yang tercatat menjadi bagian PSV Eindhoven U21. Selain itu, ada juga Juninho Bacuna, gelandang tengah Brimingham City.

Juninho merupakan nama yang patut disorot dari Curacao. Penampilannya bersama Birmingham di Championhsip 2022/2023 telah membuahkan 1 assist dari 5 pertandingan. Sebelum bergabung di Birmingham, Juninho pernah berseragam Rangers pada 19 Agustus 2021 sampai 27 Januari 2022.

Jika tidak ada perubahan jadwal, Timnas Indonesia diagendakan meladeni Curacao dalam agenda FIFA Matchday bulan September 2022. Pertandingan ini digelar 2 kali, yaitu pada 24 September dan 27 September 2022. Belum ada informasi terkait waktu kick-off pertandingan uji coba ini.

Baca juga artikel terkait FIFA MATCHDAY 2022 atau tulisan menarik lainnya Ahmad Yasin
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ahmad Yasin
Penulis: Ahmad Yasin
Editor: Addi M Idhom

DarkLight