Jadwal Semifinal Piala Afrika 2019: Prediksi Aljazair vs Nigeria

Oleh: Wan Faizal - 13 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Semifinal Piala Afrika 2019 antara Aljazair vs Nigeria diprediksi berlangsung ketat untuk memperebutkan satu tiket ke partai puncak.
tirto.id - Jadwal semifinal Piala Afrika 2019 antara Aljazair vs Nigeria akan berlangsung di Cairo International Stadium, Mesir, Senin (15/07/2019) pukul 02.00 WIB. Prediksi pertandingan ini diperkirakan bakal berlangsung seru mengingat kedua tim sama-sama ngotot untuk lolos ke final.

Bagi Aljazair, ini adalah momen tepat untuk mengakhiri puasa juara berbekal skuat terbaik yang mereka miliki. Keberadaan Riyad Mahrez, Sofiane Feghouli, Yacine Brahimi, Ismael Bennacer, Ramy Bensebaini, Youcef Atal, hingga Adam Ounas membuat performa Les Fennecs sangat bagus di Piala Afrika 2019 ini.

Bersama Mesir dan Maroko, Aljazair menjadi salah satu tim yang mampu menyapu bersih kemenangan di fase grup. Selanjutnya Guinea digasak di babak 16 besar sebelum menang adu penalti kontra Pantai Gading. Dari 5 laga tersebut, gawang Aljazair baru kebobolan sekali.

Performa bagus tersebut membuat Aljazair yakin bisa menjadi yang terbaik tahun ini. Maklum saja, mereka baru sekali menjuarai Piala Afrika, yakni pada 1990. Menariknya, lawan yang Aljazair kalahkan di final kala itu adalah Nigeria yang akan mereka hadapi di semifinal edisi terkini.

“Skuat kami berisikan para petarung dan kami harus memanfaatkan peluang untuk menjuarai turnamen tahun ini. Sebelum memulai turnamen, target kami sebenarnya hanya asuk semifinal saja. Tapi sekarang kami ingin memenangi Piala Afrika 2019 ini,” tandas Mahrez selaku kapten tim.

Akan tetapi, menghadapi Nigeria tentu tidak mudah. Pasukan Elang Super punya materi pemain yang merata di setiap lini. Kombinasi senior yang berpengalaman dan pemain muda bertalenta menjadi kunci keberhasilan skuat asuhan Gernot Rohr sejauh ini.


Penampilan Alex Iwobi dan kawan-kawan juga bisa dikatakan bagus, terutama di fase gugur. Nigeria sukses mendepak sang juara bertahan, Kamerun, di babak 16 besar. Kemudian di perempatfinal, giliran Afrika Selatan yang disingkirkan dengan skor 2-1 melalui gol menit akhir William Troost-Ekong.

“Kami bekerja sangat keras untuk bisa sampai di sini. Saya senang karena kami sudah mencapai babak semifinal karena tidak mudah mengalahkan Afrika Selatan,” ujar Samuel Chukwueze, salah satu pencetak gol Nigeria di perempatfinal.

Kondisi Tim Terkini

Sangat disayangkan karena dalam fase sepenting ini Aljazair harus kehilangan Youcef Atal karena cedera. Sang pemain bahkan dikhawatirkan harus menyudahi kiprahnya di Piala Afrika 2019 lebih cepat. Kehilangan Atal tentu menjadi kerugian besar karena ia menjadi bagian penting dalam skema permainan pelatih Djamel Belmadi.

Sebaliknya di kubu Nigeria, Rohr diperkirakan bisa menurunkan tim terbaiknya. Menjaga performa menjadi hal terpenting bagi Nigeria jika melihat progres bagus yang mereka tunjukkan di turnamen ini.

Perkiraan Susunan Pemain:

Aljazair (4-1-4-1): Rais M’Bolhi; Mehdi Zeffane, Djameleddine Benlamri, Aissa Mandi, Ramy Bensebaini; Adlene Guedioura; Andy Delort, Ismael Bennacer, Riyad Mahrez, Youcef Belaili; Baghdad Bounedjah

Nigeria (4-2-3-1): Daniel Akpeyi; Chidozie Awaziem, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo, Jamilu Collins; Wilfred Ndidi, Peter Otebo; Samuel Chukwueze, Ahmed Musa, Alex Iwobi; Odion Ighalo

Baca juga artikel terkait PIALA AFRIKA 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
Kontributor: Wan Faizal