Jadwal Semifinal AFF Futsal 2019: Indonesia vs Myanmar 25 Oktober

Oleh: Wan Faizal - 25 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal semifinal Piala AFF Futsal 2019: Indonesia vs Myanmar pada Jumat (25/10).
tirto.id - Tim nasional (Timnas) Futsal Indonesia akan berhadapan dengan Myanmar di babak semifinal Piala AFF Futsal 2019 di Stadion Indoor Phu Tho pada Jumat (25/10) pukul 17.00 WIB. Pertandingan ini tidak akan mudah bagi Garuda, karena Myanmar lolos ke empat besar sebagai runner-up Grup A.

Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF Futsal 2019 berkat keberhasilan menjadi juara Grup B. Bersaing dengan Australia, Malaysia, dan tuan rumah Vietnam, anak asuh Kensuke Takahashi menjadi yang terbaik berkat koleksi dua kemenangan dan sekali imbang.

Laga pertama dilalui Indonesia dengan mengalahkan Malaysia 2-3. Syahidansyah Lubis menjadi penentu kemenangan Garuda lewat golnya pada menit 32. Sempat ditahan imbang oleh Vietnam di laga kedua, Indonesia mengamuk di laga penentuan kontra Australia.

Pasukan Kensuke Takahashi mampu menggasak Australia dengan skor 8-3. Andri mencetak dua gol. Demikian pula Subhan Faidasa dan Muhammad Iqbal. Sementara dua gol lain dibagi rata oleh Ardiansyah Nur dan Bambang Bayu Saptaji.

“Saya bangga dengan permainan para pemain di laga ini (kontra Australia). Sempat ada banyak kesalahan yang kami lakukan karena kena banyak pelanggaran. Strategi memainkan powerplay pun tidak berhasil dan kami malah sempat kebobolan dari situ. Tentunya itu semua akan menjadi bahan evaluasi untuk pertandingan semifinal nanti,” kata Takahashi.

Di Grup A, Myanmar berada di peringkat dua dengan koleksi 6 angka. Dua kemenangan mereka dapatkan atas Kamboja dan Timor Leste sedangkan satu kekalahan diraih atas Thailand. Di sisi lain, Thailand sang juara Grup A, menjadi satu-satunya tim yang sukses meraih poin sempurna dari tiga laga fase grup dengan koleksi sembilan poin.

Jika melihat statistik selama babak penyisihan grup, Myanmar sukses mengoleksi 19 gol berbanding 11 gol yang dimiliki oleh pasukan Indonesia. Jika mengacu kualitas pertahanan, Indonesia masih lebih unggul karena hanya bobol lima kali saja sedangkan Myanmar kemasukan 13 kali dalam 3 laga di babak grup.



Bidik Final dan Tiket Piala Asia 2020

Kemenangan atas Myanmar akan menjadi harga mati bagi skuad asuhan Kensuke di pertandingan Jumat (25/10) ini. Pasalnya, hasil positif tak hanya membawa mereka ke partai final. Namun akan memastikan satu tempat di Piala Asia 2020 yang akan digelar di Turkmenistan. Tim yang bisa menembus tiga besar di Piala AFF 2019 berhak mendapatkan tiket lolos ke Piala Asia 2020.

Selain itu ada target tersendiri untuk memperbaiki catatan tahun lalu. Di Piala AFF 2018 ketika Indonesia menjadi tuan rumah, Garuda hanya bisa menjadi juara ketiga setelah mengalahkan Vietnam. Sebelumnya mereka kalah menyakitkan dari Thailand di masa extra time pada babak semifinal.

Jelang laga kontra Myanmar, para pemain terbaik Indonesia siap bermain. Dengan demikian target untuk mencapai babak final plus tiket ke Piala Asia 2020 terbuka lebar. Apalagi selama ini Myanmar bukan ancaman besar bagi Indonesia di cabang olahraga ini.

Contohnya saja dalam pertemuan keduanya di Piala AFF 2018 lalu. Indonesia sukses mengalahkan sang lawan dengan skor 1-5 dalam laga yang digelar di GOR UNY, Jogjakarta. BBS alias Bambang Bayu Saptaji mencetak dua gol bersama Andri Kustiawan. Sedangkan satu gol lagi dicetak oleh Marvin Alexa.

Hanya saja Indonesia tetap tak boleh meremehkan calon lawannya nanti. Dua tahun lalu di Piala AFF 2017, Indonesia menyerah 3-2 dari Myanmar. Saat itu Myanmar memang tampil sangat garang dengan sempat mengalahkan Brunei 13-0 dan menenggelamkan Filipina 25-0.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF FUTSAL 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight