Jadwal Piala Menpora 2021, Rencana Penayangan Laga, & Persiapan LIB

Oleh: Addi M Idhom - 22 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Piala Menpora 2021 akan dimulai pada 20 Maret mendatang. PT LIB kini sedang bernegosiasi dengan mitranya soal penayangan laga.
tirto.id - Kompetisi sepakbola pramusim, Piala Menpora 2021 dipastikan sudah mendapat izin berlangsung mulai 20 Maret mendatang. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengumumkan Polri telah memberikan izin keramaian untuk penyelenggaraan kompetisi tersebut.

Menpora Zainuddin Amali juga sudah menegaskan izin yang dikeluarkan Polri terkait kompetesi ini bersifat pendek. Pelaksanaan ajang Piala Menpora 2021 pun dapat menentukan nasib izin Liga 1 maupun Liga 2, serta kompetisi cabang olahraga lainnya.

Maka itu, penerbitan izin untuk Piala Menpora 2021 tersebut harus dibarengi dengan pelaksanaan protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19 secara disiplin.

Di antara protokol kesehatan penting yang wajib dipatuhi, kata Amali adalah tidak ada penonton di stadion; tidak ada acara nonton bareng; dan tidak ada aktivitas berkerumun.

"Izin keramaian yang saya terima dari Kapolri sebagai pegangan. Pesan Kapolri: tolong ini dijaga dengan baik, dilakukan sesuai dengan apa yang kita janjikan. Ayo kita dukung tim kesayangan kita, dari rumah saja, dari TV saja, jangan nonton bareng, jangan kerumunan," ujar Amali pada 19 Februari lalu.

Dengan demikian, para pecinta sepakbola di Indonesia disarankan untuk menonton laga-laga tim kesayangannya di Piala Menpora 2021 melalui live streaming ataupun siaran langsung televisi yang menjadi mitra PT LIB.


Penayangan Piala Menpora 2021: Tak Semua Gratis

Mengenai rencana penayangan laga-laga dalam Piala Menpora 2021, PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi, memberikan sedikit bocoran. Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyatakan tidak semua tayangan pertandingan Piala Menpora 2021 bisa ditonton gratis.

"Kalau bisa sih, saya juga inginnya gratis, tetapi tentu bisnis ada hitungan-hitungannya," kata Akhmad kepada Antara di Jakarta, Senin (22/2/2021).

Dia menambahkan ada beberapa pertandingan Piala Menpora 2021 yang berstatus 'free to air' dan ada pula laga yang hanya dapat disaksikan dengan membayar siaran kepada kanal mitra LIB.

Meski begitu, Akhmad mengklaim LIB telah meminta kepada calon mitranya untuk menayangkan pertandingan Piala Menpora 2021 dengan tarif semurah mungkin, jika disiarkan berbayar.

"Ini semua sedang dibicarakan. Diskusinya tidak mudah, tetapi terus kami upayakan karena ini baru tahap awal," tutur Akhmad.

Dia menambahkan LIB juga akan mengupayakan agar pencinta sepak bola di Indonesia mendapat kemudahan dalam menonton tayangan pertandingan di Piala Menpora 2021. Upaya tersebut, kata Akhmad, sekaligus untuk mendukung kampanye menonton sepakbola di rumah saja


Persiapan PT LIB: Berburu Sponsor

Kembali mengutip keterangan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita yang diberitakan oleh Antara, upaya perburuan sponsor Piala Menpora 2021 sedang dilaksanakan. LIB menargetkan pada kurun satu pekan mendatang bisa mengunci kesepakatan dengan sponsor kompetisi pramusim itu.

"Targetnya dalam satu minggu karena setelah itu kami harus memproduksi macam-macam," kata Akhmad.

Menurut Akhmad, sampai hari ini, LIB belum mendapatkan sponsor Piala Menpora 2021. Ini karena semua rencana masih dalam tahap pembicaraan. "Belum ada yang 'deal' karena izin juga baru diberikan Polri pada Kamis (pekan lalu) kan. Semua butuh waktu," kata dia.

Dia menjelaskan kesepakatan dengan sponsor Piala Menpora 2021 perlu segera diupayakan supaya LIB bisa menentukan besar hadiah dan fee pertandingan (match fee).

"Setiap rinciannya harus dihitung dan yang kami dapat dari sponsor, kan, dapat berpengaruh ke berbagai macam biaya. Jadi pasti disesuaikan dengan itu. Itu juga kenapa kami belum menyebut angka hadiah dalam pertemuan dengan klub beberapa waktu lalu," kata Akhmad.


Jadwal Piala Menpora 2021 dan Daftar Peserta

Piala Menpora 2021 akan digelar mulai 20 Maret dengan diikuti 18 tim, semua adalah peserta dari Liga 1 2020. Kompetisi pramusim ini ditargetkan berlangsung sampai 25 April 2021.

Ada perubahan mengenai jumlah dan komposisi klub peserta. Smeula, dikabarkan bahwa Piala Menpora 2021 bakal menyertakan 18 tim peserta Liga 1 2020, ditambah 2 klub dari Liga 2.

Namun, pada akhir pekan kemarin, PT LIB mengumumkan hasil pembahasan dengan PSSI yang memutuskan bahwa turnamen pramusim Piala Menpora 2021 hanya melibatkan 18 klub dari Shoope Liga 1 2020 saja.

Turnamen Piala Menpora 2021 akan digelar dengan babak penyisihan yang dibagi ke dalam empat grup. Setiap grup menjalankan semua pertandingan di wilayah yang sudah ditetapkan di 4 daerah.

Empat daerah tuan rumah penyisihan grup Piala Menpora 2021 adalah Solo, Bandung, Sleman dan Malang. Sementara Palembang menjadi lokasi cadangan.

Masing-masing grup dihuni 4 atau 5 tim. Setiap grup nantinya menjalankan semua pertandingan di wilayah yang sudah ditetapkan.

Juara grup bakal lolos ke babak 8 besar atau perempat final. Para pemenangnya lalu melangkah ke fase semifinal. Pemenang semifinal atau 2 tim terbaik bakal bertarung di partai puncak alias final. Adapun 2 klub yang kalah di semifinal akan menjalani duel perebutan tempat ketiga.

Jadwal Piala Menpora 2021

  • 20 Maret-25 April 2021

Daftar Klub Peserta Piala Menpora 2021

  • Arema FC
  • Bali United
  • Barito Putera
  • Bhayangkara FC
  • Borneo FC
  • Madura United
  • Persebaya Surabaya
  • Persela Lamongan
  • Persipura Jayapura
  • Persib Bandung
  • PSS Sleman
  • PSIS Semarang
  • PSM Makassar
  • Persija Jakarta
  • TIRA Persikabo
  • Persik Kediri
  • Persita Tangerang
  • Persiraja Banda Aceh.


Baca juga artikel terkait PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight