Liga 1 2021

Jadwal Pramusim Liga 1 Piala Menpora 2021 Kickoff 20 Maret-25 April

Oleh: Iswara N Raditya - 19 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Menpora 2021 kickoff tanggal 20 Maret, hingga 25 April 2021.
tirto.id - Setelah diberikan izin keramaian oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri), PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) harus bergerak cepat untuk mempersiapkan Piala Menpora 2021. Jadwal turnamen ajang pramusim kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 ini kian dekat, kickoff tanggal 20 Maret, berlangsung hingga 25 April 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap PSSI dan PT LIB lekas bergerak lantaran waktu yang tidak banyak. Zainudin Amali juga berjanji bahwa pemerintah siap membantu pelaksanaan turnamen Piala Menpora 2021 tanpa harus melakukan intervensi.

"PSSI dan LIB harus bekerja cepat karena persiapan hanya satu bulan," kata Zainudin Amali dalam acara Penyerahan Izin Turnamen Pramusim kepada PSSI di Gedung Kemenpora, Jakarta, dilansir Antara, Jumat (19/2/2021).

"Kami [pemerintah] tetap siap untuk hal-hal yang membutuhkan dukungan dari kami. Kami selalu terbuka, jadi tidak usah segan-segan," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan Polri yang telah memperbolehkan digulirkannya turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Ini jalan yang panjang. Kami sudah mengajukan izin pada 1 Oktober 2020, 1 November 2020, 1 Februari 2021. Alhamdulillah, yang keempat, saat Kapolri berganti, izin akhirnya dikeluarkan," ucap mantan Kapolda Metro Jaya yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Mochamad Iriawan menegaskan bahwa PSSI dan PT LIB serta seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan turnamen pramusim Liga 1 2021 terus menjaga komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat demi meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Pihak kepolisian akan melihat bagaimana turnamen pramusim ini berjalan aman dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” tandas Mochamad Iriawan.

“Jika berjalan baik, Insya Allah Liga 1 dan Liga 2 dapat bergulir. Apabila terjadi sesuatu, pihak kepolisian sewaktu-waktu dapat mencabut izin yang dikeluarkan," tambahnya.


Jadwal, Format, & Lokasi Piala Menpora 2021

Dikutip dari Antara, jadwal pelaksanaan turnamen pramusim Liga 1 2021 yang mengangkat tajuk Piala Menpora 2021 diagendakan bakal kick-off mulai 20 Maret 2021 dan berakhir tanggal 25 April 2021 mendatang.

Turnamen Piala Menpora 2021 rencananya akan melibatkan 20 klub yang terdiri dari 18 tim dari Liga 1 ditambah 2 klub dari Liga 2.

Mengenai format pertandingan, ke-20 klub kontestan akan dibagi ke dalam 4 grup yang masing-masing dihuni oleh 5 tim. Setiap grup nantinya menjalankan semua pertandingan di wilayah yang sudah ditetapkan.

Tim terbaik di masing-masing grup alias juara grup bakal lolos ke babak 8 besar atau perempat final.

Para pemenangnya melangkah ke fase semifinal hingga akhirnya 2 tim terbaik bakal bertarung di partai puncak alias final. Adapun 2 klub yang kalah di semifinal akan menjalani duel perebutan tempat ketiga.

Untuk lokasi pertandingan tempat digelarnya turnamen pramusim Liga 1 atau Piala Menpora 2021, ada 4 kota yang disiapkan menjadi tuan rumah babak penyisihan grup, yakni Bandung, Solo, Sleman, dan Malang. Ada juga Palembang sebagai alternatif.

Terkait klub peserta, seperti yang telah disampaikan, ada 20 tim yakni 18 klub dari Liga 1 dan 2 peserta yang diambil dari Liga 2.

Calon Tim Peserta dari Liga 1:
Arema FC
Bali United
Barito Putera
Bhayangkara FC
Borneo FC
Madura United
Persebaya Surabaya
Persela Lamongan
Persipura Jayapura
Persib Bandung
PSS Sleman
PSIS Semarang
PSM Makassar
Persija Jakarta
TIRA Persikabo
Persik Kediri
Persita Tangerang
Persiraja Banda Aceh.

Baca juga artikel terkait PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight