tirto.id - Memasuki bulan Ramadhan 2024, sejumlah bank di Indonesia melakukan penyesuaian jam operasional. Perubahan jam operasional juga dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Jadwal operasional BRI telah diatur ulang untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam bertransaksi selama bulan puasa.
Andrijanto, selaku Direktur Retail Funding & Distribution BRI menyatakan bahwa penyesuaian jadwal operasional selama bulan Ramadhan bertujuan untuk memastikan kenyamanan bagi nasabah.
Andrijanto juga mendorong nasabah untuk lebih mengenal transaksi digital banking melalui aplikasi super BRImo, sehingga tidak perlu mengunjungi bank.
Berkaitan dengan layanan BRI secara offline dan online, selama puasa Bank BRI tutup jam berapa? Lalu, untuk Teller bank BRI buka sampai jam berapa?
Jadwal Operasional Bank BRI saat Ramadhan 2024
Pada bulan puasa Ramadhan tahun 2024, Bank BRI telah menyesuaikan jam operasionalnya serta beberapa layanannya, baik yang diselenggarakan secara daring maupun langsung.
Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyampaikan bahwa bank telah menetapkan perubahan jam operasional khususnya untuk layanan kas di Unit Kerja Operasional (UKO). Layanan tersebut mencakup Branch Office dan BRI Unit.
Adapun untuk jam operasionalnya diubah menjadi 07.45-14.15 WIB dari sebelumnya 08.00-15.00 WIB. Selain itu, jam pelayanan nasabah juga mengalami penyesuaian, yaitu dari awalnya pukul 08.00-16.00 WIB menjadi 07.45-15.15 WIB.
Meskipun terjadi perubahan jadwal operasional, nasabah tetap dapat melakukan transaksi melalui layanan Digital Banking BRImo, ATM BRI, CRM, dan EDC.
Melalui BRImo, nasabah dapat melakukan pembayaran tiket mudik dan balik, pembayaran zakat, serta transfer THR kepada sanak saudara dengan mudah. Nasabah juga dapat membayarkan zakat melalui fitur donasi di BRImo.
Selain itu, hingga saat ini Bank BRI masih menyediakan fasilitas melalui asisten virtual bernama Sabrina. Sabrina adalah chatbot yang didesain untuk berkomunikasi layaknya manusia dalam format percakapan.
Layanan ini diharapkan dapat memudahkan nasabah untuk menikmati layanan perbankan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.
Sabrina dapat membantu berbagai kegiatan perbankan, termasuk menemukan lokasi kantor cabang dan ATM BRI terdekat, memberikan informasi mengenai produk dan promosi dari BRI, serta menangani masalah yang kerap dihadapi oleh nasabah.
Sabrina juga dapat membantu nasabah dengan layanan perbankan lainnya seperti pengecekan saldo, simulasi KPR, lokasi agen BRILink, dan lainnya.
Selain itu, asisten virtual ini juga mampu memberikan informasi tambahan di luar layanan perbankan, seperti membantu nasabah menemukan berbagai pedagang terdekat yang menerima pembayaran melalui BRI.
Dilansir dari situs resmi BRITech, nasabah BRI dapat melakukan interaksi dengan Sabrina melalui nomor Whatsapp 0812-12-1407 untuk mengetahui lokasi ATM BRI terdekat dengan mengirimkan lokasi saat ini. Layanan Sabrina juga dapat diakses pelanggan melalui platform seperti Facebook Messenger.
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Dipna Videlia Putsanra