Jadwal Live Streaming Kualifikasi MotoGp & Moto2: GP Portugal 2021

Oleh: Permadi Suntama - 17 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kualifikasi MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao Sabtu (17/4/2021), mulai pukul 20.10 WIB.
tirto.id - Kualifikasi MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao, dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (17/4/2021), mulai pukul 20.10 WIB. Jalannya sesi dapat disaksikan melalui siaran live streaming Fox Sports.

Kembalinya Marc Marquez di lintasan balap MotoGP menjadi momen yang paling ditunggu dalam Grand Prix Portimao.

Pembalap Repsol Honda tersebut kembali mengaspal setelah tujuh bulan absen karena cedera dislokasi humerous bahu kanan di MotoGP Jerez 2020.

Kendati lama absen, tetapi Marc Marquez mampu menunjukkan dirinya masih kompetitif saat kembali mengendarai Repsol Honda.

Pada sesi latihan bebas hari Jumat, The Baby Alien sukses menjadi pembalap Honda dengan catatan waktu terbaik, salah satunya berada di posisi 3 pada latihan bebas pertama (FP1).

Pembalap berkebangsaan Spanyol itu pun mengaku gugup saat kembali mengaspal di MotoGP. Namun, dia yakin dapat bersaing untuk finis di posisi depan pada Grand Prix Portugal di Sirkuit Portimao 2021.

"Saya sangat gugup sebelum mengikuti FP1. Ada bagian lintasan yang basah, sehingga sangat sulit untuk berkendara. Bahkan, di FP2 saya beberapa kali mengerem terlalu dalam sehingga motor seperti berhenti melaju," kata Marc Marquez, dikutip dari Crash.

Kembalinya juara dunia MotoGP 6 tersebut diprediksi akan membuat persaingan menjadi semakin ketat. Setelah Yamaha dan Ducati tampil dominan dalam 2 seri awal MotoGP 2021, kehadiran Marc Marquez diprediksi membuat Honda kembali dalam persaingan untuk memenangi Grand Prix.

2 Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo, yang memenangi 2 balapan awal pun harus membuktikan kehebatannya di Portugal. Pasalnya, tahun lalu keduanya gagal finis 10 besar pada sesi balapan.

"Sebenarnya, musim lalu kami tidak terlalu buruk di Portugal. Kami mengawali latihan bebas dengan bagus, tetapi kemudian melakukan banyak perubahan pada motor dan hasilnya tidak seperti yang diharapkan," ujar Maverick Vinales.

Vinales pun akhirnya puas finis di posisi 11 Grand Prix Portugal 2020 sementara Quartararo di posisi 14. Dengan kondisi motor yang lebih baik, keduanya diprediksi dapat bersaing untuk menjadi juara seri.

Adapun pembalap lain yang patut diperhitungkan adalah Miguel Oliveira dari Red Bull KTM Factory Racing. Pasalnya, dia merupakan pemenang MotoGP Portugal 2020 dan merupakan pembalap tuan rumah.

Selain itu, performa KTM di Portimao juga cukup impresif. Meskipun pada latihan bebas hari Jumat (16/4/2021), kemarin riders KTM tidak terlalu bagus, tetapi mereka menunjukkan progres positif dibanding seri Qatar 2021.

Dengan sesi latihan bebas masih ada satu sesi lagi untuk menentukan posisi di kualifikasi, KTM masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki performa motornya.

Jadwal Kualifikasi MotoGP Portugal 2021

Sesi kualifikasi MotoGP Portugal untuk kelas MotoGP dijadwalkan dimulai pada Sabtu (17/4/2021), mulai pukul 20.10 WIB, dilanjutkan dengan kelas Moto2. Jalannya sesi dapat disaksikan melalui siaran live streaming Fox Sports.

MotoGP

Pukul 20.10 WIB: Kualifikasi Pertama (Q1)

Pukul 20.35 WIB: Kualifikasi Kedua (Q2)

Moto2

Pukul 21.10 WIB: Kualifikasi Pertama (Q1)

Pukul 21.35 WIB: Kualifikasi Kedua (Q2)

LIVE STREAMING KUALIFIKASI MOTOGP


Baca juga artikel terkait MOTOGP 2021 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight