STOP PRESS! Diduga Terlibat Plagiasi, Rektor UNJ Diberhentikan Sementara

Jadwal Liga 1 18 Juli: PSM Makassar vs Barito Putera

17 Juli, 2017 dibaca normal 1:30 menit
Jadwal Liga 1 18 Juli: PSM Makassar vs Barito Putera
Para pemain PSM Makassar saat melakukan latihan. Antara foto/Fikri Yusuf.
tirto.id - PSM Makassar dijadwalkan menjamu Barito Putera pada lanjutan pekan ke-15 Gojek Traveloka Liga 1 2017, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar pada Selasa (18/7/2017) pukul 15:00 WIB.

Hasil kurang maksimal pada pertandingan melawan Persiba Balikpapan pekan lalu akan coba dilupakan oleh tuan rumah yang hingga kini masih menjadi pemimpin klasemen GoJek Traveloka Liga 1. Posisi PSM Makassar sedang aman, mereka hanya menang selisih gol dengan Persipura Jayapura yang sama-sama mengantongi 27 poin.
 
Sementara itu, Barito Putera datang dengan harapan bisa memperbaiki kekalahan memalukan yang mereka alami pekan lalu. Bermain di kandang Bali United, anak asuh Jacksen F Tiago secara mengejutkan kalah telak dengan skor lima gol tanpa balas. 

Padahal, pada pertandingan tersebut Bali United hanya bermain dengan sepuluh pemain menyusul kartu merah yang diterima Irfan Bachdim di menit ke-68.

Hasil tersebut membuat Barito Putera anjlok ke papan tengah. Saat ini Barito Putera duduk di peringkat sembilan, Matias Cordoba dan kawan-kawan mengoleksi 22 poin hasil tujuh kali menang, sekali seri, dan enam kali kalah. 

Sementara itu, tuan rumah PSM Makassar masih nyaman di puncak klasemen dengan koleksi 27 poin hasil delapan kali menang, tiga kali seri, dan tiga kali menelan kekalahan. Kemenangan tentu dibutuhkan Juku Eja menyusul keberhasilan Persipura Jayapura mengejar perolehan poin mereka saat ini. Sama-sama mengoleksi 27 poin, skuat Robert Alberts hanya unggul selisih gol dari Mutiara Hitam.

Di lini depan, PSM Makassar masih akan mengandalkan top skor mereka, Reinaldo Elias da Silva. Pemain berkebangsaan Brasil itu sedang dalam kondisi percaya diri setelah turut mencetak gol pada pertandingan terakhir PSM melawan Persiba. Sejauh ini, secara keseluruhan ia telah melesatkan sembilan gol dan tiga assist dari total 14 kali bermain. 

Sayangnya, pada pertandingan melawan Barito Putera nanti Reinaldo tidak dapat disokong oleh gelandang serang andalan Juku Eja, Willem Jan Pluim yang terkena akumulasi kartu kuning. 

Selain Pluim, Rizky Pellu dan Reva Adi Utama juga akan absen karena alasan serupa. Hal ini yang menjadi tantangan tersendiri bagi Alberts untuk memilih pemain pengganti yang pas. Pasalnya, sebelumnya Alberts juga dipastikan tidak akan dapat menurunkan Steven Paulle menyusul cidera yang dialami pemain asal Prancis tersebut.

Di lini belakang, PSM Makassar tidak akan diperkuat bek veteran sekaligus kapten kesebelasan Hamka Hamzah. Hamka dipastikan tidak akan tampil menyusul sanksi dua pertandingan dan denda Rp 75 juta yang dijatuhkan PSSI untuk bek berusia 33 tahun tersebut. Hukuman itu dijatuhkan lantaran Hamka mengacungkan jari tengah sebelum memasuki ruang ganti pada pertandingan melawan Persib Bandung beberapa waktu lalu.

Di lain pihak, Barito Putera tentu ingin bangkit dari keterpurukan. Kekalahan 5-0 pada pertandingan melawan Bali United tentu membuat banyak orang terkejut. Pasalnya, sebelum kekalahan tersebut anak asuh Jacksen F Tiago memiliki rekor penampilan yang cukup baik dengan tiga kemenangan beruntung.

Jacksen juga tidak menyalahkan kekalahan timnya. Ia mengakui kehebatan Bali United pada pertandingan sebelamnya. Kendati demikian, ia tetap akan berusaha membawa timnya bangkit pada pertandingan melawan PSM Makassar.

Kick off pertandingan antara PSM Makassar dan Barito putera dijadwalkan pada Selasa (18/7/2017). Catatan head to head memihak kepada PSM, yakni dengan dua kemenangan. Dua kemenangan PSM Makassar atas Barito Putera terjadi musim lalu, yakni dengan skor 1-0 di Makassar dan 1-2 di Barito.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2017 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - zan/agu)

Keyword