Jadwal Lengkap Timnas Basket Putri Indonesia di Asian Games 2023

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 12 Sep 2023 15:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Timnas Basket Putri Indonesia di Asian Games 2023 mulai 27 September. Berikut ini jadwal lengkap Timnas Basket Putri di Asian Games 2023.
tirto.id - Jadwal Timnas Basket Putri Indonesia di Asian Games 2023 dimulai dengan menghadapi tim nasional India pada Rabu, 27 September 2023.

Di Asian Games 2023, Timnas Basket Putri Indonesia harus melewati babak penyisihan dengan tergabung dalam Grup C bersama India, China (Tiongkok), dan Mongolia.

Setelah melawan India, jadwal Timnas Basket Putri Indonesia di Asian Games 2023 bakal dilanjutkan dengan pertandingan melawan China pada Jumat (29/9/2023).

Kemudian, pada laga ketiga Grup C, Clarita Antonio dan kawan-kawan akan menghadapi Mongolia pada 1 Oktober mendatang.


Performa apik Timnas Basket Putri Indonesia sepanjang tahun 2023 diharapkan berlanjut pada Asian Games 2022 yang digelar di Hangzhou, China, selama 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Clarita dan kawan-kawan sebelumnya berhasil meraih medali emas SEA Games 2023, dan mendapatkan promosi ke Divisi A FIBA Asia setelah menjadi juara FIBA Asia Divisi B.


Di Asian Games 2023 Timnas Basket Putri Indonesia berpeluang lolos ke fase knock out. Di atas kertas, Indonesia diprediksi mampu mengalahkan India, dan Mongolia, sementara tuan rumah China, bakal menjadi lawan terberat di penyisihan grup.

Kendati begitu, Timnas Basket Putri Indonesia akan menghadapi kendala kelengkapan tim sebab Kimberly Pierre Louis harus absen di Asian Games 2023. Dia tidak dapat tampil di Tiongkok membela Indonesia karena terkendala regulasi pemain di Asian Games 2022.

Berdasarkan regulasi yang berlaku, setiap pemain di Asian Games 2022 harus menjadi warga negara yang dibelanya selama minimal 3 tahun. Sementara itu, pemain berdarah Amerika Serikat tersebut baru resmi menjadi WNI pada Desember 2020.

Jadwal Timnas Basket Putri Indonesia di Asian Games 2023

Timnas Basket Putri Indonesia akan mengawali babak penyisihan grup Asian Games 2023 dengan menghadapi India. Laga di Shaoxing Olympic Gymnasium ini wajib dimenangkan oleh Clarita Antonio dan kawan-kawan.

Tanpa Kimberly Pierre Louis, Timnas basket putri Indonesia bakal mengandalkan Peyton Whitted yang juga berstatus pemain naturalisasi.

Dia bakal menjadi andalan Indonesia bersama dengan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Adelaide Callista Wongsoharjo, Clarita Antonio, dan Yuni Anggraini, sebagai starting five.


Manajer tim basket putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja mengatakan Timnas Basket Putri Indonesia wajib menang atas India dan Mongolia. Sebab, Clarita Antonio dan kawan-kawan diprediksi sulit menang melawan China.

Oleh karena itu, hasil pertandingan pertama akan menentukan peluang Timnas Indonesia bisa lolos dari fase gugur cabor basket putri Asian Games 2022 atau tidak.

"Kami belum pernah bertemu India, tapi kami akan memberikan penampilan yang terbaik melawan mereka. Sementara melawan Mongolia, kami wajib menang," kata Christopher Tanuwidjaja, dikutip dari Antara.

Apabila mampu lolos dari fase grup, Timnas Basket Putri Indonesia bakal melaju ke babak perempat final yang digelar dengan format knock out. Meski tidak dibebani target medali, Clarita Antonio dan kawan-kawan diharapkan mampu meraih hasil terbaik di Hangzhou.

Jadwal Lengkap Timnas Basket Putri di Asian Games 2023

Berikut ini adalah jadwal lengkap Timnas Basket Putri Indonesia di Asian Games 2023.

  • Match 1 Grup C, Rabu, 27 September 2023: Indonesia vs India
  • Match 2 Grup C, Jumat, 29 September 2023: China vs Indonesia
  • Match 3 Grup C, Minggu, 1 Oktober 2023: Indonesia vs Mongolia
  • 2 Oktober 2023: Perempat Final
  • 3 Oktober 2023: Semifinal
  • 5 Oktober 2023: Perebutan Medali Emas dan Perunggu.

Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2023 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Addi M Idhom

DarkLight