Jadwal GoJek Traveloka Hari Ini: Arema FC vs PSM Makassar

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 30 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Laga lanjutan GoJek Traveloka Liga 1 akan mempertemukan dua tim tangguh Arema FC dan PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (30/8/2017) pukul 18.30 WIB.
tirto.id - Laga lanjutan GoJek Traveloka Liga 1 akan mempertemukan dua tim tangguh Arema FC dan PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (30/8/2017) pukul 18:30 WIB. Big match kali ini bakal menentukan tim mana yang berhasil melanjutkan tren bangkit dari keterpurukan.

Pernah memimpin klasemen pada awal musim, PSM justru terlempar dari singgasana menjelang putaran pertama berakhir. Kegagalan tampil konsisten di laga tandang bahkan sempat membuat Juku Eja terlempar dari posisi lima besar.

Di pihak lain, Arema FC yang pernah memimpin klasemen jelang paruh musim juga anjlok. Usai kekalahan memalukan atas Persipura, Singo Edan kesulitan menemukan penampilan terbaiknya dan sempat tercecer ke papan tengah.

Kedua tim kemudian bangkit dalam beberapa pekan terakhir. PSM sukses main tanpa kalah di empat laga. Terakhir, pekan lalu Juku Eja menekuk Perseru dengan skor 2-0. Rentetan peningkatan itu kemudian mengantar mereka naik ke peringkat empat klasemen. Dengan koleksi 38 poin, saat ini Hamka Hamzah dan kawan-kawan hanya berjarak tiga poin dari pemuncak klasemen Bali United.

Sementara itu, Arema FC tak kalah di tiga laga terakhirnya. Pekan lalu Singo Edan bahkan mempermalukan Barito Putera di kandang sendiri.

Rentetan hasil positif kedua kubu akan saling diuji pada pertandingan sore hari ini. Pemenang berpeluang memperbaiki posisi di klasemen, sedangkan yang kalah harus berpikir ulang tentang kans juara.

Langkah tuan rumah tak akan mudah. Pasalnya di laga nanti pelatih Joko Susilo tak dapat menurunkan dua pemain asing, Arthur Cunha dan Esteban Vizcarra yang sedang terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

Namun hambatan tak hanya dihadapi Arema FC. Pada big match petang nanti, PSM juga dipastikan tampil tanpa palang pintu Hamka Hamzah. Situasi ini jelas pukulan telak, apalagi Hamka sedang moncer-moncernya. Pekan lalu, mantan punggawa Persija itu bahkan menyumbang satu gol untuk membantu kemenangan Juku Eja.

Tak berhenti sampai di situ, PSM mendapat hambatan lain karena sanksi yang dijatuhkan PSSI terhadap pelatih Robert Alberts. Akibat dinilai tidak disiplin pada laga melawan Persija dua pekan lalu, federasi sepak bola Indonesia itu menjatuhkan hukuman larangan mendampingi tim selama dua pertandingan.

CEO PSM, Munafri Arifuddin menyesalkan sanksi yang dijatuhkan PSSI kepada Alberts. Menurutnya, mantan pelatih Arema FC itu hanya sekedar bereaksi terhadap ketidakadilan di lapangan. Kekecewaan Munafri juga bertambah lantaran pihak PSM tidak diberikan kesempatan mengajukan banding.

“Hukuman Albert tidak dapat dibanding. PSM kehilangan kemenangan [lawan Persija], pelatih diberi hukuman, dan wasit yang memimpin melenggang pergi dari Indonesia tanpa mendapatkan hukuman apa-apa,” ujar Munafri seperti dikutip situs resmi PSM.

Meski tampil tanpa didampingi pelatih di bench, Munafri berharap para pemain PSM tetap tampil maksimal pada pertandingan lawan Arema FC. Ia juga menginginkan para pemain tampil fokus guna membawa pulang poin.

“Saya harap pemain bisa tetap fokus dan semangat saat menjalani pertandingan,” pungkasnya.

Rekor pertemuan Arema FC dan PSM Makassar pada dua musim terakhir mengunggulkan tuan rumah. Dari tiga bentrok terakhir, Singo Edan dua kali menang, sedangkan PSM hanya sekali menang. Satu-satunya kemenangan PSM itu didapatkan pada putaran pertama lalu, dimana Juku Eja menang tipis 1-0 berkat gol Reinaldo Elias.

Berikut jadwal pertandingan GoJek Traveloka Liga 1 2017 hari ini, Rabu (30/8/2017), dilansir dari laman liga-indonesia.id.
  • Arema FC vs PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan Malang pukul 18.30 WIB (Live TV One)
  • PS TNI vs Barito Putera di Stadion Pakansari Bogor pukul 18.30 WIB

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2017 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight