Jadwal Final Piala Dunia U-20 2019: Ukraina vs Korea Selatan

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal final Piala Dunia U-20 2019 antara Ukraina vs Korea Selatan digelar pada Sabtu (15/6/2019).
tirto.id - Final Piala Dunia U-20 2019 antara Ukraina vs Korea Selatan sesuai jadwal akan digelar pada Sabtu (15/6/2019) pukul 23.00 WIB. Tampil di Stadion Miejski Widzewa, Lodz, Polandia, ini kesempatan besar bagi kedua negara untuk membuat sejarah meraih gelar perdana mereka.

Sepanjang sejarah, Korea Selatan U-20 belum pernah sekali saja menembus final Piala Dunia U-20 kecuali tahun ini. Prestasi terbaik mereka adalah peringkat keempat yang terjadi di Meksiko 1983. Bahkan dua tahun lalu, Taegeuk Warriors kandas di babak 16 besar.

Sementara itu, Ukraina tercatat baru empat kali lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 termasuk tahun ini. Mereka konsisten menembus 16 besar dalam tiga percobaan sebelumnya. Namun, pada 2019 ini tim asuhan Oleksandr Petrakov meraih catatan luar biasa.

Sejak penyisihan grup, Ukraina tidak terkalahkan. Tampil di Grup B, mereka hanya bisa ditahan imbang oleh Nigeria 1-1. Dalam dua laga lain, Ukraina menang 2-1 atas Amerika Serikat dan 0-1 dari Qatar.

Perjalanan di babak sistem gugur juga tergolong mulus. Ukraina membabat Panama 4-1 di 16 besar, lalu memukul baik Kolombia maupun Italia sama-sama dengan skor 1-0. Kini, Ukraina memiliki Danylo Sikan yang sudah mencetak 3 gol, dan Denys Popov yang satu gol lebih sedikit.

Usai menyingkirkan Italia di semifinal, Petrakov dikutip FIFA menuturkan, "Saya sangat puas dengan para pemain. Kami bekerja sangat keras untuk bisa tampil di turnamen ini. Saya sangat bangga dengan cara mereka mengendalikan pertandingan ini."



Sementara itu, Korea Selatan tidak menjalani takdir selancar Ukraina. Dalam laga perdana di Grup F, mereka ditaklukkan oleh Portugal dengan skor 1-0. Namun, Taegeuk Warriors bangkit setelahnya: menang 0-1 dari Afrika Selatan, lalu memukul Argentina dengan skor tipis 2-1.

Di babak 16 besar, Korea Selatan mengakhiri jalan sesama tim Asia, Jepang dengan skor 0-1. Mereka melanjutkannya dengan menang adu penalti atas Senegal di perempat final, lalu menang 1-0 dari Ekuador dalam laga penentuan di semifinal.

Kiper Korea Selatan, Lee Gwangyeon menyebutkan, "Aset paling pentung kami sebagai tim adalah pendekatan mental kami. Apa pun yang terjadi, kami selalu berusaha untuk bersama sebagai tim, dan memiliki pikiran yang sejalan. Inilah rahasianya."

Dominasi Eropa atau Pertama dari Asia?

Jika Ukraina menjadi pemenang Piala Dunia U-20 2019, maka dominasi Eropa di turnamen tersebut berlanjut. Sebelumnya, tiga tim asal Eropa secara beruntun memenangi turnamen ini dimulai dari Perancis pada 2013, Serbia pada 2015, dan Inggris pada 2017.

Sementara itu, jika Korea Selatan berhasil menjadi juara Piala Dunia U-20 2019 mereka adalah tim pertama asal Asia yang bisa memenangi turnamen ini. Sebelumnya, Jepang pada 1999 hanya bisa menembus final, kalah telak 4-0 dari Spanyol sang juara.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA U-20 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus