Jadwal Final Hong Kong Open 2023 Hari Ini & Jam Tayang iNews TV

Kontributor: Wan Faizal, tirto.id - 17 Sep 2023 09:33 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Jadwal final Hong Kong Open 2023 hari ini yang akan tayang di iNews TV pukul 13.00 WIB. BWF World Tour 2023 Super 500 nanti juga dapat disaksikan di Vision+
tirto.id - Jadwal final Hong Kong Open 2023 hari ini akan tayang di iNews TV pukul 13.00 WIB. Selain itu partai pamungkas BWF World Tour 2023 Super 500 nanti juga dapat Anda saksikan jika berlangganan di Vision+.

Dominasi Indonesia di partai final sangat terasa karena ada 3 wakil di 3 sektor berbeda nanti. Meski sayangnya, kekalahan Anthony Sinisuka Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal kemarin gagal menciptakan All Indonesian Final di sektor tunggal putra dan ganda putra.

Final pertama hari ini akan menampilkan duel dari sektor ganda putri antara Tan Pearly/Thinaah Muralitharan vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Ini akan menjadi duel kelima antara mereka namun bakal menjadi yang pertama di partai final.

Dari rekor pertemuan sebelumnya, kedua pasangan saling mengalahkan dengan kedudukan 2-2. Tapi secara situasi, Apri/Fadia bisa jadi lebih percaya diri karena mereka sanggup memenangi duel terakhir melawan Tan/Thinaah di fase grup BWF World Tour Finals 2022 dengan skor 23-21 dan 21-19.

Apri/Fadia tentu juga ingin meraih gelar juara pertama mereka di turnamen individu tahun 2023 ini. Sebelumnya capaian terbaik mereka adalah ketika menjadi runner-up Kejuaraan Dunia. Melawan Tan/Thinaah, Fadia menyatakan mereka harus lebih siap di lapangan.

"Besok (hari ini) akan jadi partai yang ramai. Kami sudah sama-sama tahu, sudah sering bertemu. Kami harus main taktis dan tidak. boleh hilang fokus sedikitpun," kata Fadia di laman PP PBSI.

Final kedua menyajikan laga tunggal putri antara Akane Yamaguchi melawan Zhang Yi Man. Yamaguchi merupakan unggulan pertama Hong Kong Open 2023 dan unggul head to head 3-0 atas Zhang. Tapi tentunya Zhang tak akan melepas begitu saja final pertamanya setelah juara di Thailand Masters 2023 lalu.

"Saya merasa percaya diri tapi tidak mau terlalu larut dalam pikiran soal laga final ini. Fokus saya adalah bermain bagus. Saya sangat senang dan antusias serta berharap bisa menampilkan performa terbaik," kata Zhang di situs resmi BWF.

Disusul kemudian final ketiga yang melibatkan satu-satunya wakil tuan rumah. Tang Chun Man/Tse Ying Suet akan berhadapan dengan Guo Xin Wa/Wei Ya Xin asal China. Menariknya adalah ini kali pertama Guo dan Wei dipasangkan di turnamen BWF namun sudah bisa melaju ke final.

Laga final keempat kembali menampilkan wakil Indonesia yakni Jonatan Christie. Di final tunggal putra nanti, Jojo dijadwalkan berhadapan dengan Kenta Nishimoto yang kemarin sukses menyingkirkan Ginting.

Terjadi catatan panjang terkait rekor pertemuan antara kedua pemain. Dari 15 duel sebelumnya, Jojo tertinggal tipis 7-8 atas Nishimoto. Jojo juga selalu kalah di 3 pertemuan terakhir di 16 besar Japan Open 2022, 16 besar Malaysia Open 2023, dan 16 besar Malaysia Masters 2023 sehingga butuh permainan maksimal dari Jojo untuk mengakhiri tren buruk itu dan meraih gelar juara.

Kemudian di final terakhir menyajikan duel ganda putra antara Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Kemarin di semifinal, Astrup/Rasmussen mengalahkan Ahsan/Setiawan sedangkan Leo/Daniel menang atas Lee Yang/Wang Chi-Lin. Kedua pasangan sama-sama menang lewat rubber game.

Secara head to head, Astrup/Rasmussen unggul 2-3 dari 5 duel sebelumnya. Tapi ada satu tren menarik yakni Astrup/Rasmussen selalu memenangi pertemuan nomor ganjil sedangkan Leo/Daniel menang di pertemuan nomor genap atau di duel kedua dan keempat antara mereka. Jika tren itu berlanjut, Dewi Fortuna tentu bisa mengarah pada wakil Indonesia di laga ini.

Motivasi besar diusung Leo/Daniel karena ganda putra Indonesia sudah lama tak juara di level minimal Super 500. Terakhir kali ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang juara All England 2023 Super 1000 pada 19 Maret.

Setelahnya memang ada ganda putra Indonesia yang lolos ke final yakni Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana di Thailand Open Super 500 dan Fajar/Rian di Korea Open Super 500. Tapi sayangnya, mereka selalu kalah di laga final tersebut.



Jadwal dan Order of Play Hong Kong Open 2023


Berikut adalah jadwal dan order of play final Hong Kong Open 2023, Minggu 17 September:

LAPANGAN 1

Mulai Pukul 13.00 WIB

WD: Tan Pearly/Thinaah Muralitharan (Malaysia) vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia)

WS: Akane Yamaguchi (Jepang) vs Zhang Yi Man (China)

XD: Guo Xin Wa/Wei Ya Xin (China) vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong)

MS: Jonatan Christie (Indonesia) vs Kenta Nishimoto (Jepang)

MD: Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia)

Live Streaming Hong Kong Open 2023

Jika tidak ada perubahan, pertandingan final Hong Kong Open 2023 di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Minggu 17 September 2023, dapat Anda saksikan live di iNews TV serta Vision+ channel Sportstars 2 dan SPOTV mulai pukul 13.00 WIB. Selain itu Anda juga dapat mengikutinya lewat live score di laman resmi BWF.

Untuk menyaksikan Hong Kong Open 2023 di Vision+, Anda dapat memilih paket berlangganan Paket Premium Sports. Paket tersebut terdiri dari 3 pilihan yakni Paket 30 Hari Rp35.000, Paket 90 Hari Rp95.000, dan Paket 1 Tahun Rp200.000.

Link Streaming Hong Kong Open 2023: iNews TV / Sportstars 2 / SPOTV

Link Live Score Hong Kong Open 2023: BWF

* Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Hong Kong Open 2023 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.


Baca juga artikel terkait HONG KONG OPEN 2023 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight