Piala FA 2019/2020

Jadwal Final FA Cup 2020 Arsenal vs Chelsea: Gunners ke Liga Eropa?

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 27 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Big match Arsenal vs Chelsea dijadwalkan dalam final Piala FA 2019/2020 di Stadion Wembley, Sabtu (1/8/2020) pukul 23.30 WIB.
tirto.id - Big match Arsenal vs Chelsea dijadwalkan dalam final Piala FA 2019/2020 di Stadion Wembley, Sabtu (1/8/2020) pukul 23.30 WIB. Dalam laga puncak Piala FA ini, The Gunners wajib juara untuk melaju ke Liga Eropa UEFA atau Europa League musim depan.

Arsenal gagal lolos ke Europa League dari jalur Premier League karena hanya finis di peringkat delapan. Skuat asuhan Mikel Arteta terpaut tiga poin dari rival abadi mereka, Tottenham Hotspur, yang finis di peringkat enam atau batas akhir zona Eropa.

Satu tiket Europa League milik Inggris masih disisakan untuk kampiun Piala FA. Namun, jika Arsenal kalah, tiket itu akan dialihkan untuk klub peringkat tujuh Premier League, Wolverhampton Wanderers. Pasalnya, Chelsea sudah memastikan satu tempat di Liga Champions dengan finis di peringkat empat.

Skuat asuhan Arteta tentu mengincar partisipasi di Europa League musim depan. Selain itu, The Gunners juga memperlebar jarak dari Manchester United sebagai klub dengan trofi FA terbanyak. Arsenal saat ini meraih 13 trofi, sedangkan MU 12.

Misi Akhiri Nir Gelar

Gelandang Arsenal, Ainsley Maitland-Niles, menyebut timnya ingin meraih trofi FA musim ini. Jika berhasil, gelar itu akan mengakhiri masa tiga tahun tanpa gelar The Gunners.

"Kami harus terus bertarung dan berpikir soal final sekarang. [Musim] ini belum selesai bagi kami. Tujuan utamanya adalah mencoba membawa pulang trofi [FA] ke rumah," ucap Maitland-Niles usai laga melawan Watford, Minggu (26/7) lalu dikutip laman resmi Arsenal.

"Kami semua sangat yakin dengan diri kami. Kami akan tidur malam ini dan kembali bekerja pekan depan untuk fokus ke final [lawan Chelsea]," tambah pemain berusia 22 tahun tersebut.

Kendati Chelsea di atas kertas lebih diunggulkan, Arsenal patut percaya diri sebagai tim spesialis Piala FA. Di semifinal lalu, The Gunners juga sukses menyingkirkan Manchester City yang selalu mengalahkan Arsenal tiga musim terakhir.


Di ajang Piala FA, Pierre-Emerick Aubameyang dan rekan-rekan pun bermodal rekor tangguh atas Chelsea. The Gunners memenangi lima dari enam pertemuan terakhir lawan The Blues di Piala FA.

Pada final 2016/2017 lalu, Arsenal berhasil mengalahkan Chelsea yang waktu itu juara Premier League dengan skor 2-1.

Sementara itu, di kubu Chelsea, Frank Lampard punya motivasi kuat untuk memenangi trofi mayor di musim debutnya.

Setelah sukses membawa The Blues ke empat besar, legenda Chelsea itu mengincar trofi FA kedua Chelsea dalam tiga musim terakhir.

Baca juga artikel terkait FINAL FA CUP 2020 atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight