Jadwal BWF World Tour Final 2023 Tayang TV Apa & Mulai Kapan?

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 3 Des 2023 17:35 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Jadwal badminton BWF World Tour Final 2023 usai Syed Modi India tayang TV apa dan mulai kapan?
tirto.id - Jadwal BWF World Tour Finals 2023 akan berlangsung pada 13-17 Desember 2023. Turnamen penutup tahun 2023 yang berlangsung di Hangzhou, China, ini dapat disaksikan melalui live streaming Vision+ juga siaran langsung iNews TV dan MNCTV

Sebanyak 8 pemain atau pasangan terbaik di masing-masing sektor sepanjang BWF World Tour 2023 bakal tampil di BWF World Tour Finals 2023. Ini termasuk kontingen Indonesia yang mengirim 6 wakil di 4 nomor berbeda, yakni 2 tunggal putra, 1 tunggal putri, 2 ganda putra, dan 1 ganda putri.

China menjadi negara yang paling banyak mengirim wakil di BWF World Tour Finals 2023, yakni 10 pemain atau pasangan. Tuan rumah pun jadi satu-satunya negara yang memiliki 2 wakil di masing-masing sektor.

Para pemain yang lolos putaran final BWF World Tour Finals 2023 bakal memperebutkan hadiah total USD 2,5 juta. Selain itu, ajang ini sangat penting karena masuk hitungan Race to Olimpiade 2024 di Paris.


Jadwal BWF World Tour Finals 2023 Mulai 13 Desember Live TV


BWF World Tour Finals 2023 dijadwalkan menggulirkan babak penyisihan grup dari 13-15 Desember 2023. Sebanyak 8 pemain yang lolos ke putaran final bakal dibagi ke dalam 2 grup dengan masing-masing berisi 4 pemain atau pasangan.

Setiap pemain atau pasangan bakal bertanding sebanyak 3 kali di penyisihan grup. Nantinya, 2 pemain/pasangan peringkat teratas di tiap-tiap grup bakal lolos ke semifinal. Sejak babak tersebut, format kompetisi bukan lagi round robin, tetap sistem gugur (knock-out).

Para semifinalis bakal berlomba untuk menembus final yang berlangsung pada Minggu, 17 Desember 2023. Setiap juara di turnamen ini bakal mendapat tambahan poin ranking BWF sebesar 12.000 angka. Selain itu, total hadiah yang diberikan mencapai 2.500.000 dolar AS. Pemenang nomor tunggal mengantongi 200.000 dolar AS, sedangkan juara ganda 210.000 dolar AS.

Dalam 2 tahun terakhir, pemenang BWF World Tour Finals kategori tunggal putra adalah orang yang sama, Viktor Axelsen. Sementara itu, secara berturut-turut pemenang BWF World Tour Finals 2023 selain tunggal putra adalah Akane Yamaguchi (Jepang) di tunggal putri, Liu Yuchen/Ou Xuanyi di ganda putra, Chen Qingchen/Jia Yifan di ganda putri, dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong di ganda campuran.

Berikut ini adalah jadwal lengkap BWF World Tour Finals 2023 dari babak penyisihan grup hingga final. Laga akan digelar di Hangzhou Olympic Centre, pada 13-17 Desember 2023.

Babak Grup: 13-15 Desember 2023
Semifinal: 16 Desember 2023
Final: 17 Desember 2023


Daftar Pemain Lolos BWF World Tour Finals 2023


China menjadi negara yang paling banyak mengirim wakil, yakni 10 pemain. Sementara Indonesia memiliki 6 wakil di 4 sektor berbeda. Hanya ganda campuran yang tidak diikuti oleh pemain Indonesia di BWF World Tour Finals 2023.

Di nomor tunggal putra, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, berhasil lolos ke BWF World Tour Finals. Keduanya pun bakal bersaing dengan pemain-pemain terbaik dunia seperti Viktor Axelsen, Kodai Naraoka, Li Shi Feng, hingga Shi Yuqi.

Sementara di nomor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana lolos ke putaran final. Sebenarnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Martin masuk dalam 8 besar. Namun, kedua pasangan ini gagal lolos karena kuota maksimal hanyalah 2 wakil dari 1 negara.

Di sektor tunggal putri, Gregoria Mariskakembali lolos BWF World Tour Finals 2023, setelah di tahun 2022 lolos dari daftar tunggu. Indonesia juga masih memiliki Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di nomor ganda putri.

Berikut ini adalah daftar pemain yang lolos putaran final BWF World Tour Finals 2023.

Tunggal Putri

An Se Young (Korea Selatan)
Chen Yu Fei (China)
Akane Yamaguchi (Jepang)
Tai Tzu Ying (Taiwan)
Carolina Marin (Spanyol)
Han Yue (China)
Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia)
Beiwen Zhang (Amerika Serikat)

Tunggal Putra

Kodai Naraoka (Jepang)
Jonatan Christie (Indonesia)
Shi Yu Qi (China)
Li Shi Feng (China)
Viktor Axelsen (Denmark)
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)
Anders Antonsen (Denmark)
Kunlavut Vitidsarn (Thailand)

Ganda Putra

Liang Wei Keng/Wang Chang (China)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)
Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan)
Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)
Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)
Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)
Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Indonesia)

Ganda Putri

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)
Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan)
Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)
Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang)
Liu Sheng Shu/Tan Ning (China)
Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan)
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia)
Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand)

Ganda Campuran

Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China)
Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China)
Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (Korea Selatan)
Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)
Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)
Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan)
Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong)
Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (Malaysia).


Live Streaming Badminton BWF World Tour Finals 2023


Apabila tidak ada perubahan jadwal, rangkaian laga BWF World Tour Finals 2023 dapat disaksikan melalui live streaming Vision+, juga siaran langsung MNCTV dan iNews TV. Penyisihan grup hingga final akan berlangsung pada 13-17 Desember 2023.

Untuk menonton tayangan BWF World Tour Finals 2023 di Vision+ Anda dapat berlangganan paket Premium+Sports. Biaya langganan paket tersebut adalah Rp35.000 per bulan, Rp95.000 per 3 bulan, dan atau Rp200.000 per tahun.

Link Live Streaming BWF World Tour Finals 2023 - SPOTV (Vision+)

Link Live Streaming BWF World Tour Finals 2023 - iNews TV

*Jadwal BWF World Tour Finals 2023 dan stasiun TV yang menayangkan laga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Baca juga artikel terkait BWF WORLD TOUR FINAL 2023 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight