Jadwal Buka Puasa Arafah di Jakarta Hari Ini Selasa 21 Agustus 2018

Oleh: Muhammad Akbar Wijaya - 21 Agustus 2018
Waktu azan maghrib untuk wilayah DKI Jakarta pada Selasa 21 Agustus 2018 jatuh pada pukul 17:54 WIB.
tirto.id - Meski Selasa 21 Agustus 2018 jamaah haji di Arab Saudi telah merayakan Idul Adha, namun ada sebagian umat Islam di Indonesia yang hari ini tetap melaksanakan ibadah puasa Arafah. Hal ini karena adanya perbedaan penentuan datangnya hilal (bulan sabit muda tanda masuknya bulan baru) antara Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dengan Pemerintah Indonesia.

Di Arab Saudi hilal sudah terlihat pada Sabtu malam, 11 Agustus 2018. Sehingga tanggal 1 Dzulhijah jatuh pada Minggu, 12 Agustus. Sedangkan di Indonesia hilal baru terlihat pada hari Minggu malam, 12 Agustus 2018. Sehingga tanggal 1 Dzulhijjah di Indonesia jatuh pada Senin, 13 Agustus 2018. Dari perbedaan itu wajar jika Arab Saudi sehari lebih dulu merayakan Idul Adha dibandingkan Indonesia.


Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hasanuddin AF mengatakanmasyarakat Indonesia tidak perlu berpedoman pada tanggal atau waktu yang berlaku di Arab Saudi. Sehingga masyarakat Indonesia bisa tetap berpuasa Arafah pada Selasa, 21 Agustus 2018 meski pada tanggal yang sama di Arab Saudi sedang Idul Adha.

Puasa Arafah merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijah atau bertepatan dengan Selasa 21 Agustus 2018 untuk masyarakat Indonesia. Sehari sebelum melaksanakan puasa Arafah nabi juga menganjurkan umatnya untuk melakukan puasa tarwiyah yang jatuh pada 8 Dzulhijah.

Selain niat, tidak ada perbedaan tata cara pelaksanaan puasa Arafah dengan puasa lainnya dalam ajaran Islam. Orang yang berpuasa dilarang melakukan hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari Subuh hingga waktu berbuka puasa yang pedomannya adalah Azan Maghrib. Waktu azan maghrib untuk wilayah DKI Jakarta pada Selasa 21 Agustus 2018 menurut Kementerian Agama jatuh pada pukul 17:54 WIB.

Baca juga artikel terkait HARI RAYA IDUL ADHA atau tulisan menarik lainnya Muhammad Akbar Wijaya
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Muhammad Akbar Wijaya
Editor: Muhammad Akbar Wijaya