Olimpiade 2020 Tokyo

Jadwal Bola Olimpiade: Live Jepang vs Afrika Selatan, Prediksi, H2H

Oleh: Wan Faizal - 22 Juli 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Jepang vs Afrika sepak bola Olimpiade 2020 Tokyo pada Kamis, 22 Juli 2021. Pertandingan kick off pukul 18.00 WIB. Live streaming di Vidio.com.
tirto.id - Pertandingan Grup A sepak bola putra Olimpiade 2020 antara Jepang vs Afrika Selatan akan digelar di Stadion Ajinomoto, Tokyo, pada Kamis (22/7/2021) pukul 18.00 WIB. Laga ini dapat Anda saksikan melalui live streaming di Vidio.

Kedua tim mengalami masalah berbeda dalam hal persiapan jelang bergulirnya Olimpiade 2020 ini. Tim Jepang asuhan Hajime Moriyasu tidak banyak mendapatkan masalah. Persiapan maksimal bisa mereka lakukan jelang laga perdana kontra Afrika Selatan.

Para pemain muda terbaik yang telah dipersiapkan lama oleh Moriyasu juga bisa bergabung dengan tim. Sebut saja Takefusa Kubo, pemain Real Madrid yang saat ini menjalani masa peminjaman di Getafe.

Selain Kubo, Jepang juga bisa berharap banyak pada pemain muda lain, seperti Takehiro Tomiyasu, pemain berposisi bek kanan milik Bologna yang sedang diincar oleh Tottenham Hotspur. Atau nama lain seperti Ritsu Doan, Daiki Hashioka, Ko Itakura, atau Koji Miyoshi.

“Tim ini mulai diperkenalkan pada Desember 2017 dengan target bisa bersaing di Olimpiade Tokyo. Kemudian 3 pemain senior bergabung pada bulan Juni lalu. Hal itu memberikan kami kemudahan untuk bisa melakukan persiapan sebaik mungkin jelang Olimpiade,” tutur Moriyasu.

Persiapan bagus itu juga dibuktikan dengan hasil imbang 1-1 dalam laga uji coba melawan Spanyol. Jepang bahkan unggul terlebih dahulu ketika Doan berhasil memanfaatkan umpan Kubo menjadi gol. Namun 10 menit jelang laga bubar, keunggulan itu sirna lantaran Carlos Soler bisa menyamakan skor.


Beda halnya dengan Afrika Selatan asuhan David Notoane. Persiapan mereka bisa dikatakan tak terlalu bagus lantaran beberapa kali ada perubahan dalam skuad.

Sebelumnya, diberitakan bahwa 5 pemain batal masuk skuad. Mereka adalah Lyle Foster, Fagrie Lakay, Abbubaker Mobara, dan Sipho Mbule. Satu nama lagi yakni Keletso Makgalwa hanya berstatus sebagai standby player.

Notoane sendiri memutuskan hanya memanggil 3 pemain pengganti untuk menyiasati 4 nama yang batal bergabung. Ketiganya adalah Thendo Mukumela, Reeve Frosler, dan Macbeth Mahlangu.

Ujian bagi Afsel masih datang ketika mereka telah berada di Tokyo. Dua pemain utama Notoane, yakni James Thabiso Monyane dan Kamohelo Mahlatsi positif COVID-19 sehingga harus menjalani isolasi.

Di Tokyo pun Notoane juga belum bisa mengumpulkan para pemain terbaiknya. Hanya ada 17 pemain dari total 19 pemain yang ia panggil baru bisa bergabung. Dua pemain lain, yakni Frosler dan Nkosingiphile Ngcobo baru bergabung belakangan lantaran baru selesai membela Kaizer Chiefs di Final Liga Champions Afrika melawan Al Ahly.

Namun, berbagai kendala tersebut tentu tak menyurutkan semangat skuad Afrika Selatan. Frosler yang baru saja menderita kekalahan di laga final Liga Champions Afrika bertekad untuk membalasnya dengan hasil bagus di Tokyo 2020.

“Kami baru saja menjalani perjalanan jauh dan tentunya masih merasa kecewa dengan kekalahan kemarin. Tapi sebagai profesional, kami harus siap 100 persen di Tokyo. Kami berdua [bersama Ngcobo] siap jika langsung dimainkan oleh pelatih melawan Jepang,” ucap Frosler.

Perkiraan Susunan Pemain

Jepang: Keisuke Osako; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Daiki Hashioka, Hiroki Sakai; Wataru Endo, Koji Miyosi; Ritsu Doan, Kaoru Mitoma, Takefusa Kubo; Daizen Maeda. Pelatih: Hajime Moriyasu.

Afrika Selatan: Ronwen Williams; Reeve Frosler, Tercious Malepe, Luke Fleurs, Katlego Mohamme; Teboho Mokoena, Thabo Cele, Nkosingiphile Ngcobo; Kobamelo Kodisang, Luther Singh, Evidence Makgopa. Pelatih: David Notoane.

5 Pertandingan Terakhir Jepang

17-07-2021: Jepang vs Spanyol 1-1
12-07-2021: Jepang vs Honduras 3-1
12-06-2021: Jepang vs Jamaika 4-0
26-03-2021: Jepang vs Argentina 0-1
15-01-2020: Qatar vs Jepang 1-1

5 Pertandingan Terakhir Afrika Selatan

14-06-2021: Mesir vs Afrika Selatan 3-0
22-11-2019: Afrika Selatan vs Ghana 2-2
20-11-2019: Mesir vs Afrika Selatan 3-0
16-11-2019: Nigeria vs Afrika Selatan 0-0
12-11-2019: Pantai Gading vs Afrika Selatan 0-1

Live Streaming Jepang vs Afrika Selatan

Pertandingan Jepang vs Afrika Selatan dapat Anda saksikan melalui live streaming di Vidio.

Bagi Anda pengguna jaringan Telkomsel dapat menyaksikan tayangan olahraga Olimpiade Tokyo 2020 secara gratis di Vidio. Selain itu TVRI juga akan menyiarkan beberapa pertandingan pilihan di ajang multi olahraga 4 tahunan tersebut melalui TVRI Nasional dan TVRI Sport HD.

LINK LIVE STREAMING JEPANG VS AFRIKA SELATAN DI VIDIO.COM


Baca juga artikel terkait OLIMPIADE 2020 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight