Liga 2 Indonesia 2021-2022

Jadwal 8 Besar Liga 2 2021 Live TV, Daftar Tim Lolos, Format, Grup

Oleh: Rofi Ali Majid - 3 Desember 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal babak 8 besar Liga 2 2021, daftar tim lolos 8 klub, 4 tim degradasi ke Liga 3.
tirto.id - Jadwal babak 8 besar Liga 2 2021 saat ini belum rilis dan masih menunggu koordinasi antara pihak penyelenggara dengan pemerintah. Selepas menggelar pertandingan terakhir penyisihan grup pada Kamis (2/12) kemarin, total 8 klub yang masuk daftar tim lolos ke fase knock-out.

Yunus Nusi, Sekjen PSSI, menegaskan bahwa rilis jadwal masih menunggu koordinasi sebab pemerintah bakal memberlakukan PPKM Level 3 pada akhir tahun. “Minggu depan kemungkinan baru ada kepastian," terang Yunus via laman resmi Liga2.

Lebih lanjut, Yunus juga menegaskan bahwa penyelenggara bakal memilih venue netral untuk babak 8 besar nanti. "Babak 8 besar akan digelar di tempat netral, tidak ada tim tuan rumah,” imbuhnya.

Menariknya, bakal tersaji banyak big match dalam babak 8 besar nanti. Grup X diisi oleh RANS Cilegon FC, Sriwijaya FC, Persis Solo, dan Persiba Balikpapan. Selain RANS, ketiga tim tadi sudah pernah mencicipi kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Sementara di Grup Y, PSIM Yogyakarta dan PSMS Medan bakal ditantang 2 tim pendatang baru yang sudah unjuk kekuatan sejak fase penyisihan grup Liga 2 2021 yakni Dewa United dan Sulut United.


Format Babak 8 Besar Liga 2 2021: Banyak Big Match

Pada babak 8 besar Liga 2, sebanyak 8 tim akan dibagi dalam 2 grup. Dua tim terbaik dari masing-masing grup nantinya akan lolos ke semifinal.

Tim yang memenangkan semifinal dipastikan promosi ke Liga 1. Adapun tim yang kalah semifinal akan saling bertemu untuk rebutan 1 slot tersisa menuju Liga 1.

Berikut pembagian grup babak 8 besar Liga 2 2021:

Grup X
Sriwijaya FC
Rans Cilegon FC
Persis Solo
Persiba Balikpapan

Grup Y
PSMS Medan
Dewa United
PSIM Yogyakarta
Sulut United


Daftar Tim Lolos ke Fase Knock-Out Liga 2 2021 dan Tim Degradasi ke Liga 3

Sulut United dan Persiba Balikpapan jadi tim terakhir yang lolos ke babak 8 besar. Keduanya mewakili Grup D yang di dalamnya terjadi persaingan ketat hingga matcday terakhir.

Kelolosan Sulut United dan Persiba ditentukan oleh laga terakhir yang mempertemukan Persewar Waropen vs PSBS Biak pada Kamis (2/12) kemarin. Derby Papua yang berujung imbang 1-1 tersebut membuat Persewar gagal ke babak 8 besar, tetapi PSBS selamat dari jurang degradasi.

Klasemen akhir Grup D dipimpin oleh Sulut United dan Persiba yang sama-sama mengemas 15 poin, sementara Persewar di urutan ketiga dengan 13 poin.

Berikut daftar tim yang lolos ke babak 8 besar:

Sriwijaya FC (Juara Grup A)
PSMS Medan (Runner-up Grup A)

Dewa United (Juara Grup B)
Rans Cilegon FC (Runner-up Grup B)

Persis Solo (Juara Grup C)
PSIM Yogyakarta (Runner-up Grup C)

Sulut United (Juara Grup D)
Persiba Balikpapan (Runner-up Grup D)

Sementara itu, sebanyak 4 tim yang berstatus juru kunci tiap grup, dipastikan degradasi ke Liga 3. Tim yang degradasi: KS Tiga Naga, Badak Lampung, Hizbul Wathan, dan Mitra Kukar.

Live Streaming Babak 8 Besar Liga 2 2021 Live TV

Rangkaian babak 8 Besar Liga 2 2021 akan ditayangkan langsung via live streaming Vidio. Selain itu Indosiar juga menyiarkan secara langsung.

Untuk mengakses live streaming Vidio, Anda bisa berlangganan paket terlebih dahulu. Tersedia paket berlangganan dengan Rp19.000 per pekan, Rp29.000 per bulan, atau paket Rp199.000 per tahun.

Dengan berlangganan paket Vidio Premier Anda dapat menyaksikan laga-laga menarik dari Liga 1 2021, LaLiga, Serie A, Ligue 1 dan kompetisi sepak bola menarik lainnya.

Baca juga artikel terkait LIGA 2 2021 atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight