Istana Pastikan Jokowi Segera Pilih KSAD Baru dalam Waktu Dekat

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 23 Nov 2023 12:29 WIB
Jabatan KSAD saat ini kosong usai Jenderal TNI Agus Subiyanto dipercaya menjabat Panglima TNI.
tirto.id - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memastikan Presiden Joko Widodo segera memilih sosok untuk mengisi jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru. Jabatan KSAD saat ini kosong usai Jenderal TNI Agus Subiyanto menjabat Panglima TNI.

"Panglima baru dilantik. Setelah itu ada mekanisme yang berjalan untuk KSAD," kata Ari saat ditemui di Gedung Utama Kemensetneg, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Ari tidak merinci pemilihan akan dilakukan cepat atau tidak. Namun, ia memastikan Jokowi akan memilih sosok yang menjadi KSAD sesuai mekanisme yang berlaku.

"Mekanismenya sudah diatur tentu sudah dalam proses," kata Ari.

Kursi KSAD kini kosong setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik sebagai Panglima TNI. Agus dilantik sesuai Surat Keputusan Presiden Nomor 102 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Yudo selaku panglima sebelumnya dan memasuki masa pensiun itu sudah menyerahterimakan jabatan kepada Agus selaku Panglima TNI baru.

Hingga saat ini, setidaknya ada beberapa nama kandidat kuat yang layak untuk mengisi kursi KSAD dari para jenderal bintang 3 yang ada. Di antaranya adalah Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Kepala BNPB Letjen Suharyanto, Wakabin Letjen I Nyoman Cantiasa, dan Komandan Kodiklat TNI Letjen Eko Margiyono.



Baca juga artikel terkait BURSA KSAD atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight