Instagram Gangguan, Kominfo Pastikan Belum Ada Pembatasan Medsos

Oleh: Andrian Pratama Taher - 14 Juni 2019
Pemerintah menyatakan pelambatan media sosial Instagram memang terjadi. Namun, bukan karena ada pembatasan terkait sidang MK, tetapi ada masalah di IG global.
tirto.id - Pemerintah belum menerapkan pembatasan media sosial, Jumat (14/6/2019). Hal ini merespons lambatnya media sosial Instagram (IG) di beberapa wilayah pada Jumat (14/6/2019) pagi.

"Pemerintah belum lakukan pembatasan medsos," kata Plt Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu kepada reporter tirto, Jumat (14/6/2019).

Kemenkominfo menyatakan, pelambatan media sosial Instagram memang terjadi. Namun, pelambatan terjadi karena masalah di Instagram secara global.

"IG pagi tadi memang alami gangguan, tapi bukan karena Kominfo" kata Setu.

Setu pun menuturkan pemerintah berharap tidak melakukan pembatasan medsos selama sidang MK.

Sebab, langkah pembatasan medsos hanya dilakukan bila terjadi peningkatan eskalasi hoaks dan hasutan di medsos. Mereka belum menerapkan karena eskalasi hoaks belum muncul.
"Sejauh pemantauan Kominfo pagi ini belum ada eskalasi hoaks dan hasutan," kata Setu.

Hari ini, Jumat (14/6/2019), Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana permohonan perselisihan pemilihan umum (PHPU) Presiden tahun 2019 atau sengketa Pilpres.

Sebelumnya, Kemenkominfo sempat mewacanakan akan melakukan pembatasan media sosial apabila terjadi peningkatan penyebaran hoaks dan hasutan di media sosial selama masa sidang sengketa Pilpres di MK.

Baca juga artikel terkait PEMBATASAN MEDIA SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri