Menuju konten utama

Info Pemadaman Listrik Jogja, Semarang, Wonosobo 14-17 Mei 2025

Jadwal pemadaman listrik sementara untuk perbaikan jaringan maupun pemotongan pohon di wilayah Yogyakarta, Semarang, dan Wonosobo, tanggal 14-17 Mei 2025.

Info Pemadaman Listrik Jogja, Semarang, Wonosobo 14-17 Mei 2025
ilustrasi listrik padam. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Sejumlah titik di wilayah Jogja, Semarang, dan Wonosobo akan mengalami pemadaman listrik pada 14 hingga 17 Mei 2025. Pemadaman yang dilakukan di wilayah tersebut karena adanya pemeliharaan jaringan listrik yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) guna memastikan pasokan listrik bagi masyarakat aman.

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik, PLN melakukan serangkaian pekerjaan pemeliharaan yang bersifat teknis. Kegiatan ini meliputi instalasi dan perbaikan transformator, perawatan jaringan distribusi listrik, serta pembersihan pepohonan di sekitar jalur kabel.

Akibat pekerjaan ini, beberapa area di setiap wilayah akan mengalami pemutusan aliran listrik sementara sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh kantor pelayanan PLN di masing-masing lokasi.

Sehubungan dengan potensi terjadinya pemadaman listrik sementara, PLN menyarankan masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Informasi terperinci mengenai waktu dan lokasi pemadaman dapat dilihat melalui aplikasi PLN Mobile atau dengan menghubungi call center PLN di nomor 123.

Info Pemadaman Listrik Joga, Semarang, dan Wonosobo

Pemadaman listrik akan berlangsung di beberapa wilayah di Jawa Tengah, tepatnya di Semarang dan Wonosobo serta sebagian wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 14 hingga 17 Mei 2025.

Informasi mengenai pemadaman listrik tersebut telah disampaikan melalui saluran media sosial Instagram resmi masing-masing unit PLN di daerah tersebut.

Selama periode tersebut, pelanggan di berbagai titik terdampak diimbau untuk melakukan antisipasi guna meminimalkan gangguan aktivitas akibat padamnya aliran listrik sementara.

1. Info Pemadaman Listrik Jogja

Jadwal pekerjaan penggantian peralatan pemeliharaan jaringan distribusi PLN pada Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta pada Rabu, 14 Mei 2025 pukul 10.00-13.00 WIB akan dilakukan di wilayah Kabupaten Bantul dengan lokasi sebagai berikut:

Bolon, Jedingan, Taruban, Prenggan, Guyangan, Kauman, Tangkilan, Kali Gondang, Siten, Bongsren, Kanutan, Jombok, Banjarwaru, Krekah, Nogosari, Karanggede, Gunting, Depok, Jalakan, Ngaran, Kadekrowo, RS Ganjuran, Ganjuran, Jogo Dayoh, Gunungan, Bebekan, Caben, Samen, Sabrang, Sopok, Bondalem

2. Info Pemadaman Listrik Semarang

Jadwal pekerjaan perabasan pohon dan pemeliharaan jaringan distribusi PLN pada UP3 Semarang pada Rabu, 14 Mei 2025 pukul 10.00-16.00 WIB akan dilakukan di wilayah Semarang Timur dengan lokasi sebagai berikut:

  • Sebagian Jalan Kaligawe Raya
  • Jalan Tengaran Timur
  • Kampus Unissula dan sekitarnya
Jadwal pemeliharaan jaringan distribusi PLN pada UP3 Semarang pada Rabu, 14 Mei 2025 pukul 09.30-14.00 WIB akan dilakukan di wilayah Boja dengan lokasi sebagai berikut:

Polsek Limbangan, Puskesmas Limbangan, Kantor Kecamatan Limbangan, Pagertoyo, Sriwulan,Gg Sawo, Gg Tawangsari, Jl Sumowono - Boja, Brujulan, Tambahsari, PT Rehobat Siringin, Serang, Balai Desa Kedungboto, Biting, Deles, Semanding Jengkol, Watulawang, Cening, SMPN 4 Singorojo, Kaliereng, Cening Lor, Bumen, Manggung, Peron, Ketro, Nampu, SMPN 2 Limbangan, Pakis, Sumber Rahayu, Gondang, Jogaten, Banyuwindu, Tabet, Setro, Kaligading dan sekitarnya

3. Info Pemadaman Listrik Wonosobo

Jadwal pemeliharaan jaringan distribusi PLN Wonosobo pada 13 hingga 17 Mei 2025 akan dilangsungkan pada wilayah-wilayah berikut:

Selasa, 13 Mei 2025

  • Waktu: Pukul 10.00-16.00 WIB
  • Lokasi: Ds. Pacekelan, Dsn Sikoang, Dsn Kliwonan, Ds. Panto Pacekelan, Smkn 1 Sapuran, Sman 1 Sapuran, Ds. Kalllusi, Spbu Mekar Abadi Sapuran
  • Pekerjaan: Rabas dan potong pohon dekat jaringan, serta pemeliharaan jaringan

Rabu, 14 Mei 2025

  • Waktu: 10.00-16.00 WIB
  • Lokasi: Ds. Rimpak, Ds. Surojoyo, Ds. Talun Ombo, Ds. Tempur Sari, Ds. Beran, Ds. Gadingrejo, Ds. Gadingsukuh, Ds. Gondowulan, Ds. Kagungan, Ds. Kalipuru, Ds. Kaliwuluh, Ds. Kapulogo, Ds. Ngalian, Ds. Pulosaren, Ds. Randusari, Ds. Rejosari, Ds. Ropoh, Ds. Tanjung Anom, Ds. Teqalgot, Ds. Warangan, Ds. Dieng Kulo, Ds. Pawuhan, Ds. Bakal, Ds. Karangtengah, Ds. Kepakisan (Sebagian), Ds. Pranten Dan Sekitarnya
  • Pekerjaan: Rabas dan potong pohon dekat jaringan, serta pemeliharaan jaringan

Kamis, 15 Mei 2025

  • Waktu: 10.00-16.00 WIB
  • Lokasi: Ds. Wediasin, Ds. Selokromo, Candi Sawangan, Ds. Lipursari, Ds. Gunungyawang
  • Pekerjaan: Rabas dan potong pohon dekat jaringan

Jumat, 16 Mei 2025

  • Waktu: 10.00-16.00 WIB
  • Lokasi: Perum Sudung Dewo, Kedewan, Ngelo, Kalicecep, Getas, Bejiarum, Beji Dukuh, Banjar Gede, Tlogo Dalen, Windusari, Pku Muhammadiyah, Sayangan, Ngadimulyo, Capar, Blk, Kabutuh, Kusuma Baru, Pdm Bensin Siyono, Siyono, Kersan, Bongkotan
  • Pekerjaan: Rabas dan potong pohon dekat jaringan, pemasangan trafo baru

Sabtu, 17 Mei 2025

  • Waktu: 10.00-16.00 WIB
  • Lokasi: Sebagian Stopan Selomerto Polsek Dan Puskesmas Selomerto, Sebagian Dsn. Banaran Kalierang, Jl. Selomerto - Leksono, Jl. Leksono - Manggis, Dsn. Binangun Selomerto, Ds. Gunung Tawang (Sebagian), Ds. Sojokerto (Sebagian), Ds. Besani, Ds. Leksono, Ds. Jongolsari, Ds. Kalimendong, Ds. Manggis Leksono Dan Sekitarnya
  • Pekerjaan: Rabas dan potong pohon dekat jaringan, pemeliharaan jaringan

Listrik Mati Harus Lapor ke Mana?

ilustrasi listrik padam

ilustrasi listrik padam. FOTO/iStockphoto

Untuk melaporkan pemadaman listrik yang meluas atau jika Anda tidak yakin penyebabnya, saluran komunikasi utama yang disediakan oleh PT PLN (Persero) adalah melalui layanan pelanggan PLN 123. Anda dapat menghubungi nomor telepon 123 dari telepon rumah maupun telepon seluler.

Selain itu, PLN juga menyediakan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melaporkan gangguan, memantau status laporan, serta mendapatkan informasi terkini terkait pemadaman listrik.

Laporan melalui PLN Mobile dengan menggunakan ID Pelanggan/No Meter dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Untuk melakukan pengaduan, pelanggan perlu memiliki aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan App Store.
  2. Buka aplikasi, kemudian klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.
  3. Di kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.
  4. Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi.
  5. Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih tombol “LANJUTKAN”.
  6. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “KIRIM PENGADUAN”.
  7. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.
Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time. Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas, hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

Baca juga artikel terkait LAYANAN UMUM atau tulisan lainnya dari Irwan Syambudi

tirto.id - Aktual dan Tren
Kontributor: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Elisabet Murni P