Info Lokasi Vaksin Booster Tangerang Selatan Mulai 24-28 Januari

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif - 25 Jan 2022 10:21 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengingatkan kepada para peserta vaksin COVID-19 booster untuk membawa alat tulis (ballpoint) sendiri.
tirto.id - Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan akan menggelar vaksin COVID-19 booster pada 24-28 Januari 2022 di Sentra Vaksinasi Kota Tangerang Selatan (TerasKota Mall BSD).

Vaksinasi merupakan upaya yang ditujukan untuk meningkatkan kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan dari COVID-19.

Dikutip dari saluran Instagram milik Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, vaksin booster ini diprioritaskan untuk lansia, tapi masyarakat umum yang ingin mendapat vaksin booster tetap bisa mendaftar terlebih dahulu.

Kemudian, jadwal pelayanan vaksin COVID-19 booster di Sentra Vaksinasi Kota Tangerang Selatan (TerasKota Mall BSD), yakni pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-11.30 WIB.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan tidak melayani vaksin COVID-19 booster pada Hari Libur Nasional. Sementara itu, kuota vaksin COVID-19 booster yang diberikan selama pelayanan kepada peserta adalah 500 perhari.

Persyaratan Vaksin COVID-19 Booster



Dinas Kesehatan Kota Tanggerang Selatan mengimbau kepada peserta yang akan melakukan vaksinasi COVID-19 booster untuk terlebih dahulu menjalani sesi pendaftaran secara online melalui link s.id/vaksintangsel.

Selain itu, peserta yang akan mendaftarkan diri harus memenuhi beberapa persyaratan vaksin COVID-19 booster sebagai berikut:
  • Membawa KTP/KK (Nasional)
  • Menunjukan e-ticket dosis 3 (booster) yang tertera di aplikasi Peduli Lindungi
  • Penduduk berusia minimal 18 tahun
  • Telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap (dosis 1 & 2) minimal 6 bulan sebelumnya
  • Membawa bukti pendaftaran yang dikirimkan melalui email saat mendaftar
Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga mengingatkan kepada para peserta vaksin COVID-19 booster untuk membawa alat tulis (ballpoint). Hal ini dilakukan supaya menghindari penggunaan bolpoint secara bergantian dan mempercepat teknis.

Manfaat Vaksin COVID-19



Vaksinasi merupakan proses pemberian (pendistribusian) vaksin untuk meningkat imunitas aktif seseorang terhadap suatu penyakit. Dengan adanya vaksinasi tersebut, diharapkan seseorang tidak akan sakit atau mengalami sakit ringan serta tidak memberikan penularan kepada orang lain pada saat terpapar penyakit.

Vaksinasi adalah salah satu tindakan untuk memutus penyebaran penyakit menular. Pelaksanaan vaksin berguna untuk menghilangkan suatu penyakit dalam jangka waktu yang panjang. Orang dewasa atau lansia yang tidak melakukan vaksinasi sesuai jadwal dan tidak mematuhi protokol kesehatan maka akan mudah terpapar COVID-19.

Secara umum, vaksin COVID-19 memberikan manfaat berupa kekebalan spesifik, sehingga seseorang akan terlindung dari penyakit atau apabila terpapar hanya mengalami sakit ringan. Beberapa jenis vaksin yang beredar dalam program vaksinasi saat ini yaitu vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19, masyarakat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan berupa 5M, yaitu memakai masker (disarankan pemakaian double), mencuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menghindari adanya keramaian (kerumunan), dan mengurangi mobilitas perjalanan dari tempat tinggal.


Baca juga artikel terkait VAKSIN BOOSTER TANGERANG SELATAN atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight