Indonesia vs Vietnam: Perjalanan Garuda ke Final SEA Games 2019

Oleh: Hendi Abdurahman - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jelang final sepak bola SEA Games 2019, Indonesia telah meraih 5 kemenangan dan sekali kalah sedangkan Vietnam tak pernah menderita kekalahan.
tirto.id - Timnas Indonesia U23 akan menghadapi Vietnam U23 dalam final SEA Games 2019. Pertandingan kedua tim bakal digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12) pukul 19.00 WIB.

Di babak penyisihan, Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Thailand, Singapura, Laos dan Brunei Darussalam. Pada pertandingan perdana, Selasa (26/11) skuad asuhan Indra Sjafri sukses mengalahkan Thailand 0-2 lewat gol yang dicetak Egy Maulana Vikry dan Osvaldo Haay.

Dua hari kemudian, Garuda Muda kembali menorehkan kemenangan. Meskipun cukup kesulitan saat 45 menit pertama, Indonesia berhasil memecah kebuntuan dan unggul melalui gol Osvaldo Haay pada menit 64. Disusul satu gol Asnawi Mangkualam yang menggenapkan kemenangan 2-0.

Sukses meraih kemenangan pada dua laga awal, Indonesia mengalami kekalahan ketika bersua Vietnam pada pertandingan ketiga yang digelar Minggu (1/12). Sempat unggul lewat gol Sani Rizky, anak asuh Park Hang-seo sukses membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat gol yang dicetak Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc.

Kekalahan tersebut membuat Indonesia mesti memenangkan dua pertandingan sisa untuk terus menjaga peluang lolos ke semifinal. Tanpa kesulitan berarti, Indonesia sukses mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor telak 8-0.

Sementara itu, di laga lain, Thailand dan Vietnam yang masih berpeluang lolos juga menjaga peluang berkat kemenangan atas lawan-lawannya.


Kepastian Indonesia lolos dari babak fase grup akhirnya ditentukan oleh kemenangan atas Laos. Empat gol yang ditorehkan Saddil Ramdani, Bagas Adi Nugroho, dan dua gol Osvaldo Haay membuat Garuda Muda mengoleksi 12 angka.

Di partai lain, Vietnam Thailand bermain 2-2. Dengan hasil tersebut, Vietnam menjadi juara grup dengan 13 poin. Sedangkan di Grup A, Myanmar menjadi yang terbaik dengan 10 poin dan Kamboja sebagai runner-up dengan 7 poin.

Berlanjut ke babak semifinal, Indonesia mendapatkan perlawanan dari Myanmar. Bermain imbang 2-2 hingga 90 menit, laga mesti dilanjutkan ke babak perpanjangan. Masing-masing satu gol yang ditorehkan Osvaldo Haay dan Evan Dimas pada menit 102 dan 113 membuat Indonesia melaju ke final untuk kembali melawan Vietnam.

“Ini adalah pertandingan yang kami tunggu. Sebelum kita lolos di fase grup, saya sudah menyatakan setelah kalah dari Vietnam, ‘saya tunggu Vietnam di final.’ Dan akhirnya ketemu lagi di final. Pertandingan ini adalah pertandingan yang menarik. Saya harap Indonesia menjadi pemenangnya,” ujar Indra Sjafri.

Melajunya Indonesia ke final menyamai pencapaian pada SEA Games 2013 di Yangon, Myanmar. Saat itu, Garuda kalah atas Thailand dengan skor 1-0. namun, andai Indonesia sukses meraih kemenangan malam nanti, maka prestasi tersebut akan menyamai torehan pada SEA Games 1991 yang juga terjadi di Manila, Filipina.

Baca juga artikel terkait FINAL SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight