SEA Games 2019

Jadwal Indonesia vs Vietnam Final SEA Games: Live Streaming RCTI

Oleh: Fitra Firdaus - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Indonesia vs Vietnam di final SEA Games 2019 dapat ditonton melalui live streaming RCTI pada Selasa (10/12/2019) pukul 19.00 WIB.
tirto.id - Jadwal Tim nasional (Timnas) Indonesia U23 vs Vietnam di final cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2019 pada Selasa (10/12) pukul 19.00 WIB. Pertandingan ini dapat ditonton dari siaran langsung RCTI dan live streaming RCTI+.

Sepanjang sejarah sepak bola SEA Games, Indonesia baru dua kali meraih medali emas, yaitu pada 1987 dan 1991. Semua itu didapatkan ketika sepak bola putra SEA Games masih mengizinkan timnas senior tampil.

Sejak 1991, Indonesia tercatat tiga kali lolos ke final. Namun, semuanya berakhir dengan medali perak. Pada SEA Games 1997 di Jakarta,Garuda ditaklukkan oleh Thailand 4-2 melalui adu penalti.

Demikian pula di SEA Games 2011 di Jakarta. Indonesia kembali gagal meraih emas. Kali ini mereka disingkirkan oleh Malaysia melalui adu penalti 4-3. Dua tahun berselang, dalam edisi SEA Games berikutnya di Myanmar, Garuda Muda dipukul Thailand 1-0.

Kisah Vietnam di final sepak bola putra SEA Games tak lebih baik daripada Indonesia, bahkan lebih buruk. Gelar juara hanya diperoleh di SEAP Games 1959 di Thailand. Dalam turnamen yang berformat round robin, Vietnam Selatan mendapatkan emas, di atas Thailand (perak).

Setelah itu, tujuh kali Vietnam hanya bisa meraih medali perak. Termutakhir, di SEA Games 2009. Kala itu mereka ditumbangkan oleh Malaysia 1-0 di partai puncak.



Kali ini, kedua tim bertemu di final SEA Games 2019 untuk mengakhiri catatan buruk hanya terhenti di medali perak. Pelatih Indonesia, Indra Sjafri, bahkan menyatakan, Vietnam adalah lawan idaman. Apalagi, The Golden Stars di penyisihan grup mengalahkan Garuda Muda 1-2.

"Ini adalah pertandingan yang kami tunggu. Sebelum kita lolos di fase grup, saya sudah menyatakan setelah kalah dari Vietnam, 'saya tunggu Vietnam di final'," terang Indra dikutip situs web resmi PSSI.

Menjelang partai final, Vietnam kehilangan kapten mereka Nguyen Quang Hai. Namun, menurut pelatih Park Hang-seo, hal itu bukan masalah besar. Ia menilai, Vietnam sudah bermain sebagai satu unit sejak awal turnamen. Kehilangan seseorang tak akan berarti.

“Kami bermain sebagai tim dan kami berlaga untuk meraih satu tujuan yaitu juara,” kata sang juru taktik dikutip Antara.

Jika tidak ada perubahan jadwal, pertandingan final SEA Games 2019 antara Timnas Indonesia vs Vietnam dapat ditonton melalui live streaming RCI+ dan siaran langsung RCTI pada Selasa (10/12/2019) pukul 19.00 WIB.

LIVE STREAMING FINAL SEA GAMES 2019 INDONESIA VS VIETNAM

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight