Indonesia Great Sale Dibuka, Target Transaksi Apindo Rp35 Triliun

Oleh: Hendra Friana - 15 Agustus 2019
Ketua Aprindo Roy Mandey mengatakan Indonesia Great Sale menargetkan transaksi hingga Rp35 triliun.
tirto.id - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah meresmikan acara Indonesia Great Sale dan pameran Mall-to-Mall 2019 di TangCity Mall, Tangerang, Rabu (14/8/2019).

Acara yang bakal digelar hingga akhir Agustus 2019 itu diharapkan dapat meningkatkan konsumsi domestik dan mendorong kemajuan mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Selain itu juga menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan UMKM, para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan, pelaku bisnis ritel, dan pelaku bisnis restoran," kata Enggartiasto kemarin, Rabu (14/8/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerja sama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) itu, juga menyediakan ruang promosi bagi UMKM dan ekonomi kreatif di mal.

Pelaku UMKM yang terpilih sebagai peserta dalam pameran ini telah diseleksi berdasarkan kualitas, keunikan, kreativitas, dan inovasinya dalam menghasilkan seni kerajinan tangan dan siap bersaing baik di pasar domestik maupun internasional.

Ketua Aprindo Roy Mandey mengatakan, Indonesia Great Sale menargetkan transaksi hingga Rp35 triliun. Gelaran pesta diskon yang akan berlangsung di ratusan mal dan gerai modern di seluruh Indonesia, pada tanggal 14-25 Agustus 2019, bakal mengobral diskon mencapai 74 persen.

"Aprindo sendiri menargetkan adanya pertumbuhan dobel digit yang pertama dibanding tahun-tahun sebelumnya yang kita memang sedang under perform," kata Roy Mandey.

Dengan peningkatan konsumsi tersebut, ditambah adanya pesta demokrasi, ada Ramadan, ada THR bagi pensiunan, TNI, Polri, THR ke-13 di tahun ini, ia berharap Indonesia Great Sale dapat ikut berkontribusi mendorong pertumbuhan dobel digit untuk Ritel Indonesia.

"Kita harapkan tumbuh 9-10 persen sampai akhir tahun dibanding tahun lalu yang tumbuh 7-8 persen," jelasnya.


Baca juga artikel terkait INDONESIA GREAT SALE atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri
DarkLight