Imlek 2019: Yang Harus Dilakukan untuk Menyambut Tahun Babi Tanah

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 30 Jan 2019 15:37 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Keberhasilan finansial dan investasi kemungkinan besar terjadi pada semua zodiak tahun ini.
tirto.id - Imlek tahun ini akan jatuh pada 5 Februari 2019. Laura Chung di The Sydney Morning Herald menuliskan hal-hal yang harus dilakukan untuk menyambut Imlek yang merupakan Tahun Babi Tanah.

Tahun Baru Cina jadi saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, saling mengucapkan harapan, keberuntungan, dan kekayaan selama satu tahun ke depan.

Babi merupakan hewan terakhir dari 12 zodiak Cina. Kekayaan dan keberuntungan akan banyak terjadi pada tahun ini, tidak hanya bagi mereka yang lahir di Tahun Babi saja.

Dilansir Post Bulletin, babi adalah makhluk cerdas, selalu ingin tahu dalam menjalani kehidupan sosial yang kompleks, terikat dan selalu berkomunikasi satu sama lain, senang bermimpi, serta belajar mencoba hal-hal baru.

Menurut legenda, babi merupakan hewan terakhir dalam siklus zodiak Cina, karena Kaisar Langit memutuskan urutan sesuai dengan ketika masing-masing hewan tiba di istananya.

Ada legenda yang menyebut babi datang terlambat karena ia ketiduran. Namun ada versi lain yang menyatakan babi terlambat datang ke istana Kaisar Langit karena rumahnya dirusak serigala sehingga ia harus membangun segalanya kembali sebelum pergi menemui Kaisar Langit.

Keberhasilan finansial dan investasi kemungkinan besar terjadi pada semua zodiak tahun ini, bersamaan dengan tahun yang baik untuk menjalin silaturahmi dengan para sahabat.

Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan pada Tahun Babi Tanah, untuk memastikan agar tahun ini dipenuhi keberuntungan dan kemakmuran.
  1. Menghabiskan waktu dengan keluarga. Di banyak negara, termasuk Indonesia, Imlek jadi hari libur tahunan, sehingga orang diberi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga.
  2. Makan ikan untuk kebijaksanaan, buah persik untuk umur panjang, buah plum untuk pikiran yang tajam, selada untuk kesehatan yang baik, dan daun bawang untuk tahun depan yang penuh kepastian.
  3. Siapkan satu toples yang diisi makanan manis atau permen untuk "tahun yang manis".
  4. Hiasi rumah Anda dengan puisi yang ditulis di kertas merah untuk mengusir roh jahat.
  5. Pasangan yang sudah menikah diharapkan memberikan angpau kepada anggota keluarga yang lebih muda. Merah adalah warna keberuntungan besar.
  6. Bersihkan rumah dan pakai pakaian baru sebelum Imlek untuk menghindari roh jahat berkeliaran.
  7. Pakai pakaian dalam berwarna merah untuk memaksimalkan keberuntungan Anda, terutama jika Anda dilahirkan pada Tahun Babi, demikian menurut dosen studi Cina dan Asia Universitas New South Wales, Pan Wang.

Fairfield City Champion menulis, orang yang lahir pada Tahun Babi merupakan orang-orang yang rajin, penuh kasih sayang, murah hati, dan memiliki konsentrasi tinggi: begitu mereka menetapkan tujuan, mereka akan mencurahkan seluruh energi untuk mencapainya.

Masyarakat akan beramai-ramai membersihkan seluruh rumah mereka dari debu menjelang Tahun Baru Cina, sebagai simbol mengusir energi lama dan kemalangan pada tahun sebelumnya.

Tahun Babi: 1935, 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, 2019 dan 2031.

Warna keberuntungan untuk orang yang lahir pada Tahun Babi: kuning, abu-abu, dan coklat.

Angka keberuntungan: 2, 5, 8 - dan angka yang mengandung unsur ketiganya seperti 25 dan 58.

Hari keberuntungan: tanggal 17 dan 24 dari setiap bulan Cina.


Baca juga artikel terkait IMLEK 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Maya Saputri

DarkLight