HUT PBB 24 Oktober 2021: Sejarah, Tema, dan Agenda United Nation

Oleh: Yonada Nancy - 22 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
PBB merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-76 pada 24 Oktober 2021.
tirto.id - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berdiri pasca Perang Dunia II berakhir, tepatnya pada 24 Oktober 1945. Dibentuknya PBB berkaitan dengan lahirnya Piagam PBB dalam Konferensi San Fransisco, Amerika Serikat pada Juni 1945.

Konferensi tersebut diinisiasi oleh negara-negara pemenang Perang Dunia II atau the big five, yang terdiri dari AS, Inggris, Prancis, Cina, dan Soviet. Piagam PBB dibahas, disusun, dan diratifikasi oleh the big five dan mayoritas perwakilan negara lainnya.

Kemudian, empat bulan setelah Konferensi San Francisco berakhir, PBB resmi berdiri dengan harapan mampu mencegah adanya perang dunia lainnya.

Tahun ini, PBB merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-76. Peringatan HUT PBB rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan memperkuat agenda bersama negara yang tergabung.

Pada HUT Ke-76 PBB akan kembali menyelenggarakan United Nations (UN) Day Concert atau Konser Hari PBB.

Tema yang diusung dalam perayaan HUT PBB tahun ini adalah “Building Back Together for Peace and Prosperity” atau “Bersama Membangun Kembali untuk Perdamaian dan Kemakmuran."

Dilansir laman resminya, PBB akan dilaksanakan secara hybrid, yaitu sebagian pertunjukkan akan direkam sebelumnya dan sebagian pertunjukkan akan berlangsung live. Seiring masih berlangsunya pandemi COVID-19 saat ini, kegiatan konser hanya dapat dihadiri sedikit penonton dengan menerapkan protokol physical distancing.

Konser Hari PBB Ke-76 disponsori oleh Korea Selatan. Selain sebagai peringatan HUT Ke-76 PBB, perayaan konser tersebut juga menjadi peringatan 30 tahun keanggotaan Korea Selatan dalam PBB. Pada kesempatan tersebut, Korea Selatan akan menampilkan sejumlah seniman dan musisi kembanggaannya.

"Sebagai negara yang terkenal dengan pengaruh globalnya pada musik populer kontemporer, Republik Korea ingin menawarkan kontribusinya untuk upaya ini melalui seni dan budaya" catat PBB dalam rilisnya, Kamis (21/10/2021)

Sejumlah musisi yang dikonfirmasi akan tampil pada konser diantaranya pemain biola Jennifer Chun dan penyanyi sopran Youngok Shin. Keduanya akan tampil dalam pertunjukan live di Aula Majelis Umum Markas Besar PBB New York.

Sementara, musisi lainnya yang akan tampil dalam video konser pra-rekaman adalah penyanyi sopran Youngmi Kim, Goyang Philharmonic Orchestra, pianis Youngwook Yoo, dan girlband K-POP aespa.

Konser musik tersebut akan berlangsung pada 21 Oktober 2021 pukul 19.00 EST atau 22 Oktober 2021 pukul 06.00 WIB.


Baca juga artikel terkait HUT PBB atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight