HUT Bhayangkara: Polda Metro Gratiskan SIM bagi Warga Lahir 1 Juli

Oleh: Adi Briantika - 1 Juli 2020
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberikan pelayanan SIM gratis bagi masyarakat yang lahir pada 1 Juli alias bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-74 tahun ini.
tirto.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberikan pelayanan SIM gratis bagi masyarakat yang lahir pada 1 Juli alias bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-74 tahun ini.

Keputusan itu berdasar pada surat telegram rahasia (TR) Kapolri Nomor: ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 bertanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono. Pelayanan penerbitan SIM di satpas seluruh Indonesia.

Misalnya, di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mereka menjatah 200 kartu SIM baru dan 300 kartu SIM perpanjangan.

"Kemudian untuk besok, 2 Juli, kami membuatkan SIM [baru] atau pun perpanjangan untuk para penggali makam COVID-19, pelaksanaannya di Pondok Rangon," kata Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo, hari ini.

Untuk 3 Juli, lanjut dia, pihaknya akan melayani bagi para tenaga medis COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kepolisian akan berkoordinasi dengan pihak makam dan Wisma Atlet untuk pendataan pelayanan SIM.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas POLRI Brigjen Pol Yusuf menyatakan layanan ini untuk SIM A dan SIM C. Pendaftar membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta SIM asli.

Upacara peringatan HUT Bhayangkara tahun ini dilakukan secara virtual karena masa pandemi Covid-19. HUT kali ini bertemakan 'Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif'. Presiden Jokowi meminta Polri mengawasi dan menjaga stabilitas Indonesia di tengah pandemi.

Ia mengingatkan potensi gangguan keamanan jelang pelaksanaan Pilkada 2020. Jokowi mengatakan keterlibatan Polri hingga level bhabinkamtibmas penting dalam mengajak masyarakat patuh protokol kesehatan, mengawal pembagian bantuan sosial ke masyarakat dan menjaga keamanan. Selain itu, Jokowi juga ingin reformasi Polri tetap harus berjalan.


Baca juga artikel terkait HUT BHAYANGKARA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri
DarkLight