Huawei Rilis Hp Android Murah dengan OS Oreo Go Edition

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 3 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Huawei Y5 Lite sekilas mirip Y5 Prime 2018 yang sudah dipasarkan di Indonesia.
tirto.id - Huawei baru saja memperkenalkan smartphone murah terbarunya, yakni seri Y5 Lite yang mengusung sistem operasi Android 8.1 Oreo Go Edition atau Android Go.

Desain Huawei Y5 Lite sekilas mirip Huawei Y5 Prime 2018 yang sudah dipasarkan d Indonesia. Huawei Y5 Lite tampil dengan balutan casing berbahan polikarbonat dengan aspek rasio layar 18:9.

Spesifikasi Huawei Y5 Lite sendiri sebenarnya tidak istimewa untuk kelas entry-level. Seturut informasi dari laman Huawei, Y5 Lite dibekali layar 5,45 inci HD+ dengan panel IPS. Tak disebutkan adanya proteksi antigores pada layar ponsel ini.

Performa smartphone Huawei Y5 Lite terbilang standar untuk kelas smartphone murah yang mengandalkan sokongan chipset MediaTek MT6739 berkonsep quad-core 1,5GHz dan kartu grafis PowerVR GE8100.

Dapur pacu tersebut dipadukan dengan RAM 1GB dan penyimpanan internal 16GB, yang bisa diperluas melalui slot microSD hingga maksimal 256GB.


Untuk menunjang aktivitas harian pengguna, Huawei Y5 Lite dibekali baterai 3020mAh dengan pengisian daya via microUSB.

Pada sektor fotografi, kemampuan kamera Huawei Y5 Lite cukup baik dengan dukungan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel dan fitur autofokus serta LED flash.

Sementara untuk kamera depan, Huawei Y5 Lite cukup standar dengan kamera 5 megapiksel. Ponsel ini dapat merekam video dengan resolusi full HD 1080p.

Saat diluncurkan di Pakistan pada Rabu (2/1/2019), Huawei Y5 Lite dipasarkan di negara tersebut dengan harga 16.500 rupee Pakistan atau sekitar Rp 1,6 juta (kurs Rp102). Demikian seperti dilansir dari GSM Arena, Kamis (3/1).

Belum ada informasi pebih lanjut apakah Huawei akan memboyong smartphone murah andalan ini ke Indonesia.

Adapun Android Go merupakan varian dari OS Android yang dikembangkan oleh Google khusus untuk smartphone dengan spesifikasi rendah.

Google memangkas beberapa fitur yang kurang penting di Android Go agar mampu berjalan lancar di ponsel dengan resource terbatas agar tidak memakan terlalu banyak media penyimpanan.


Baca juga artikel terkait HUAWEI Y5 LITE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi