Hendra & Greysia Mewakili Indonesia di Pembukaan Sudirman Cup 2019

Oleh: Oryza Aditama - 18 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hendra Setiawan dan Greysia Polii menjadi wakil kontingen Indonesia saat defile atlet pada pembukaan Piala Sudirman 2019.
tirto.id - Kejuaraan tertinggi bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman 2019 secara resmi dibuka lewat acara welcome party di Nanning International Convention Center, Nanning, Cina, pada Jumat (17/5/2019) malam waktu setempat.

Dalam event yang mengusung tema “Kindle the Passion in Nanning and Live Your Badminton Dream” tersebut, kontingen Indonesia mewakilkan dua pemain dari sektor ganda putra dan ganda putri untuk prosesi defile atlet, yaitu Hendra Setiawan dan Greysia Polii.

Susi Susanti selaku Manajer Tim Indonesia di kejuaraan ini mengungkapkan, banyak pihak di tanah air yang mengharapkan agar tahun ini mereka mampu merebut kembali trofi tersebut. Sepanjang sejarah gelaran Piala Sudirman, tim bulu tangkis Indonesia memang hanya baru sekali menjadi kampiun, yakni pada tahun 1989.

"Kan kita tahu ya Piala Sudirman sudah lama tidak ke Indonesia, jadi ada kerinduan lebih, bukan cuma saya. Kalau saya ya pasti karena saya pernah merasakan bagaimana merebut Piala Sudirman. Tapi juga atlet, dan masyarakat pecinta bulutangkis," terang Susi Susanti, sebagaimana dikutip dari laman PBSI, Jumat (17/5/2019).

Kendati demikian ia tetap percaya jika semangat dan kerja keras dari semua pihak, pasti akan menerbitkan harapan bagi tim Indonesia untuk merebut trofi itu kembali.

“Ya, selama kita semangat dan kerja keras, kita selalu punya harapan," imbuhnya.

Sementara itu, Jonatan Christie sebagai salah satu andalan kubu Merah Putih untuk sektor tunggal putra, memiliki keyakinan terhadap gelaran Piala Sudirman tahun ini jika dibanding dengan gelaran dua tahun silam.

"Memang beda feel-nya. Kalau saya pribadi, dua tahun lalu rasa pecaya dirinya masih kurang, jadi masih jauh dari konsisten. Walaupun sekarang masih jauh dari konsisten, tapi setidaknya sudah lebih baik,” jelas Jonatan.

“Sekarang saya lebih fokus ke diri sendiri, bagaimana caranya menampilkan yang terbaik. Syukur kalau saya bisa menyumbang poin, namanya pertandingan tim, kita harus tetap kompak. Jadi pokoknya kami harus bisa saling memotivasi satu sama lain," tambah pemain peringkat 8 dunia tersebut.

Dalam Piala Sudirman 2019, tim Indonesia tergabung dalam Grup 1B bersama Inggris dan Denmark. Laga pertama melawan Inggris bakal digelar hari Minggu (19/5/2019), sementara menghadapi Denmark pada Rabu (22/5/2019). Perjuangan tim Merah Putih juga akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi TVRI.


Baca juga artikel terkait PIALA SUDIRMAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus