Helen McCrory Meninggal: Profil Si Pemain Narcissa di Harry Potter

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Profil Helen McCrory, pemain di Harry Potter yang meninggal karena kanker.
tirto.id - Helen McCrory, aktris yang memerankan Narcissa Malfoy di film-film Harry Pottter meninggal dunia akibat kanker pada usia 52 tahun, kata suaminya, Damian Lewis, Jumat (16/4/2021) waktu setempat.

Kabar mengejutkan itu mengundang dukacita dari penulis JK Rowling, juga rekan-rekan aktor termasuk Michael Sheen hingga direktur artistik di Teater Nasional London yang memuji McCrory sebagai "salah satu aktor hebat dari generasinya".

Selain memerankan Narcissa Malfoy (ibu Draco Malfoy) di Harry Potter, aktris asal Inggris ini juga tampil sebagai ibu dari keluarga kriminal di Peaky Blinders dan istri mantan perdana menteri Tony Blair, Cherie.

Di atas pentas, dia tampil sebagai Medea, Lady Macbeth dan Hester Collyer di The Deep Blue Sea.

"Saya sangat berduka mengumumkan bahwa setelah berjuang melawan kanker, Helen McCrory sang perempuan cantik dan perkasa telah meninggal dalam damai di rumah, dikelilingi cinta dari keluarga dan sahabat," kata Damian Lewis, aktor Homeland.

"Dia meninggal sama seperti ketika hidup. Tanpa rasa takut. Tuhan, kami mencintainya dan tahu betapa beruntung telah memilikinya dalam hidup ini. Dia begitu bersinar. Pergilah, sayang, dan terima kasih."

McCrory menikah dengan Lewis pada tahun 2007 dan mereka memiliki dua anak. Tahun lalu, pasangan itu mengumpulkan lebih dari £1 juta untuk donasi bagi para pekerja NHS, membelikan makanan dari restoran selama pandemi virus corona.

Komedian Matt Lucas, yang bekerja dengan mereka di kampanye FeedNHS, mengunggah twit bawah McCrory "akan dikenang tidak hanya karena penampilan panggung dan layarnya yang luar biasa, tetapi juga karena sikap tidak mementingkan diri dan kemurahan hatinya".

Pada April 2020, McCrory dan Lewis muncul di Newscast BBC dan dia menjelaskan mengapa mereka menyiapkan FeedNHS.

"Kami memiliki banyak teman di NHS dan ketika wabah ini terjadi, mereka mengatakan salah satu masalah besar yang mereka hadapi adalah semua kafe dan restoran di sekitar rumah sakit tutup. Dan jam kerja yang mereka lakukan semakin lama, dan mereka tidak bisa mendapatkan makanan.

"Kami memutuskan ingin mencoba dan memberikan makanan kepada orang-orang ini yang bekerja berjam-jam dan tidak mampu melakukannya."

Pasangan itu juga muncul beberapa minggu yang lalu di Good Morning Britain, untuk berbicara tentang pekerjaan amal untuk Prince's Trust.

Sam Mendes, yang menyutradarai McCrory dalam film James Bond "Skyfall," mengatakan bahwa dia adalah aktris dengan bakat yang luar biasa.

"Film dan dunia teater telah kehilangan seorang aktris yang tak ada duanya, dan keluarga serta teman-temannya telah kehilangan seseorang dengan semangat yang luar biasa dan gigih," katanya, seperti dikutip BBC.com.


Baca juga artikel terkait HELEN MCCRORY atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight