Liga Inggris

Hattrick Salah Bawa Liverpool Geser City dari Puncak Klasemen

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Bournemouth vs Liverpool di Liga Inggris berkesudahan dengan hasil 0-4. Untuk sementara, The Reds berhasil menggeser Man City dari puncak klasemen.
tirto.id - Laga pekan ke-16 Liga Inggris 2018/2019 antara Bournemouth vs Liverpool di Stadion Vitality, Minggu (8/12/2018) berkesudahan dengan skor akhir 0-4. Mohamed Salah menjadi bintang kemenangan Liverpool dengan mencetak hattrick ke gawang Bournemouth.

Dalam laga ini, tuan rumah menurunkan formasi 4-4-1-1. Di lini serang, pelatih Eddie Howe memasang Joshua King sebagai penyerang tunggal yang disokong Ryan Fraser di pos gelandang serang.

Sementara itu, Liverpool menurunkan formasi 4-3-3 dalam laga ini. Di lini serang, The Reds mengandalkan trio Xherdan Shaqiri, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino.

Di babak pertama, The Reds langsung berinisiatif menguasai pertandingan. Hasilnya, Liverpool pun membuka keunggulan pada menit ke-25. Memanfaatkan bola muntah dari tembakan Roberto Firmino, Mohamed Salah menjaringkan bola ke gawang Bournemouth. Keunggulan 0-1 The Reds bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool yang sudah unggul tetap mempertahankan tekanan. Hasilnya, anak asuh Jurgen Klopp menggandakan keunggulan ketika babak kedua baru berjalan dua menit. Memanfaatkan kesalahan Steve Cook, Roberto Firmino dan Mohamed Salah bekerja sama membongkar pertahanan The Cherries. Salah pun mampu mendapatkan ruang tembak dan melepaskan tembakan ke sudut gawang. Skor menjadi 0-2.

Bournemouth sempat mengancam tim tamu pada menit ke-52. Dari sayap kiri, Charlie Daniels mengirim umpan mendatar ke kotak penalti. Umpan Daniels berhasil disambut oleh Joshua King. Namun tembakan King masih meleset tipis dari sasaran.

Pada menit 68, The Reds memperbesar keunggulan berkat gol bunuh diri. Dari sayap kiri, Andrew Robertson mengirim umpan silang ke kotak penalti. Umpan Robertson coba diantisipasi oleh Cook. Namun usaha Cook justru membuat bola bersarang ke gawangnya sendiri. Skor 0-3 untuk The Reds.

Salah sukses menorehkan hattrick pada menit ke-77. Menerima umpan dari Adam Lallana, Salah mampu melewati Cook dan merangsek ke kotak penalti Bournemout. Tinggal berhadap-hadapan dengan Asmir Begovic, Salah sempat mengelabui Asmir Begovic sebelum menceploskan bola ke gawang The Cherries. Skor 0-4 untuk tim tamu.

Skor 0-4 pun bertahan hingga laga bubaran. Sepanjang pertandingan, Liverpool tampil dominan dengan 59% penguasaan bola dan 10 tembakan. Sedangkan Bournemouth mencatatkan 41% penguasaan bola dan delapan tembakan.

Tambahan tiga poin membuat Liverpool untuk sementara berhasil menggeser Manchester City dari puncak klasemen. Selain itu, tambahan tiga gol membuat Salah memimpin daftar top skor sementara hingga pekan ke-16 dengan 10 gol. Jumlah tersebut sama dengan torehan Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal).

Susunan Pemain Bournemouth vs Liverpool.

Bournemouth (4-4-1-1): Asmir Begovic; Simon Francis, Steve Cook, Nathan Ake, Charlie Daniels (Diego Rico 83'); David Brooks (Lys Mousset 65'), Jefferson Lerma, Andrew Surman, Junior Stanislas (Tyrone Mings 83'); Ryan Fraser; Joshua King.

Pelatih: Eddie Howe.

Liverpool (4-3-3): Alisson; James Milner, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Naby Keita (Adam Lallana 65'), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Xherdan Shaqiri (Sadio Mane 65'), Mohamed Salah, Roberto Firmino (Jordan Henderson 81').

Pelatih: Jurgen Klopp.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim
Dari Sejawat
Infografik Instagram