Liga Inggris

Salah Bawa Liverpool Ungguli Bournemouth pada Babak Pertama

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Bournemouth vs Liverpool di Liga Inggris skor babak pertama 0-1. Tuan rumah tertinggal berkat gol Salah pada menit ke-25.
tirto.id - Laga pekan ke-16 Liga Inggris 2018/2019 antara Bournemouth vs Liverpool di Stadion Vitality, Minggu (8/12/2018) berkesudahan dengan skor 0-1 di babak pertama. Gol tunggal Mohamed Salah sukses membawa The Reds unggul hingga turun minum.

Dalam laga ini, tuan rumah tidak diperkuat penyerang andalan Callum Wison karena cedera. Tanpa Wilson, pelatih Eddie Howe menurunkan patron 4-4-1-1 dengan Joshua King sebagai penyerang tunggal dengan disokong Ryan Fraser.

Sementara itu, tim tamu membuat sejumlah perubahan di lini pertahanan. Di pos bek kanan, pelatih Jurgen Klopp memasang James Milner. Sedangkan di pos bek tengah, Joel Matip ditugasi untuk menemani Virgil van Dijk.

Di awal babak pertama, The Reds lebih menguasai pertandingan. Pada menit ke-14, kombinasi Xherdan Shaqiri dan Mohamed Salah mengancam tuan rumah, Shaqiri mengirim umpan lambung yang mampu dikejar Salah di sisi kanan kotak penalti. Salah pun menyambut umpan tersebut dengan sepakan yang melenceng tipis dari sasaran.

Pada menit ke-23, giliran The Cherries yang mengancam pertahanan Liverpool. Junior Stanislas mengirim umpan terobosan ke sisi kiri kotak penalti. Umpan Stanislas mampu disambut David Brooks dengan tembakan ke sudut gawang Alisson. Untung bagi tim tamu, Alisson sigap menghalau bola.

Liverpool akhirnya memecah kebuntuan pada menit 25. Dari luar kotak penalti, Roberto Firmino melepaskan tembakan voli ke gawang Bournemouth. Asmir Begovic pun mementahkan tembakan tersebut. Namun bola muntah mampu disambar Salah yang sukses menjaringkan bola. Skor 0-1.

Pada menit 35, The Cherries gagal memaksimalkan peluang emas. Berawal dari situasi bola mati, Fraser mengirim umpan lambung ke kotak penalti. Umpan Fraser sempat membentur beberapa pemain sebelum mengarah ke Nathan Ake di area kiper. Namun Ake yang tinggal menghadapi Alisson gagal memaksimalkan peluang tersebut.

Skor 0-1 pun bertahan hingga turun minum. Sepanjang babak pertama, Liverpool tampil lebih dominan dengan 67% penguasaan bola dan enam tembakan. Sedangkan Bournemouth mencatatkan 33% penguasaan bola dan empat tembakan.

Susunan Pemain Bournemouth vs Liverpool.

Bournemouth (4-4-1-1): Asmir Begovic; Simon Francis, Steve Cook, Nathan Ake, Charlie Daniels; David Brooks, Jefferson Lerma, Andrew Surman, Junior Stanislas; Ryan Fraser; Joshua King.

Pelatih: Eddie Howe.

Liverpool (4-3-3): Alisson; James Milner, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Naby Keita, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Xherdan Shaqiri, Mohamed Salah, Roberto Firmino.

Pelatih: Jurgen Klopp.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim
Dari Sejawat
Infografik Instagram