Hasil Vietnam vs Filipina Skor 2-1, Lolos ke Final Piala AFF 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 6 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 2-1 menjadi hasil Vietnam vs Filipina di leg kedua semifinal Piala AFF 2018 sehingga tuan rumah lolos dengan agregat 4-2.
tirto.id - Gol Nguyen Quang Hai dan Nguyen Cong Phuong menjadi penentu hasil Vietnam vs Filipina yang ditutup dengan skor 2-1 di leg kedua semifinal Piala AFF 2018. Berkat kemenangan di Stadion My Dinh pada Kamis (6/12), The Golden Stars lolos ke final via agregat 4-2.

Vietnam akhirnya menyusul Malaysia sebagai finalis Piala AFF 2018. Menghadapi Filipina yang pada leg pertama sudah tertinggal 1-2, tim asuhan Park Hang-seo berhasil menang, dan meraih partai puncak pertama mereka di Piala AFF dalam 10 tahun terakhir.

Vietnam turun dengan formasi 5-3-2 varian 3-5-2 untuk menghadapi Filipina. Sebaliknya, tim tamu melakukan kejutan. Pelatih Sven Goran Eriksson memilih Patrick Deyto daripada Michael Falkesgaard di posisi kiper. Selain itu, ia hanya menggunakan tiga bek tengah dalam pola 3-4-3.

Vietnam mengandalkan strategi serangan balik. Oleh karenanya, Filipina tampak menguasai situasi. Tim tamu dominan, tetapi tidak cukup bagus untuk menghasilkan peluang. Sebaliknya, sudah ada percobaan tuan rumah pada menit ke-11 melalui tembakan spekulatif Ngyen Trong Hoang.

Filipina yang mengejar target mencetak dua gol untuk lolos, punya momentum dari umpan Stephan Schrock kepada Patrick Reichelt. Namun, sang penyerang tak bisa mengontrol dengan baik. Ini dibalas oleh Nguyen Quang Hai melalui tendangan sepeda, yang mudah diamankan Deyto.

Hingga akhir babak pertama, kedudukan 0-0 tidak berubah. Filipina terus berupaya mencari celah di pertahanan Vietnam, tetap faktanya tuan rumah yang beberapa kali mengancam melalui serangan balik.

Babak kedua, tidak banyak perubahan yang terjadi, Filipina unggul dalam penguasaan bola tetapi kurang dalam penyelesaian akhir. Eriksson kemudian memasukkan James Younghusband untuk menggantikan Carli de Murga, sehingga timnya bermain hanya dengan dua bek.

Tetapi, kelelahan fisik dan mental Filipina yang tidak kunjung mencetak gol terlihat jelas. Luka bagi tim tamu akhirnya terjadi pada menit ke-83. Phan Van Duc mendesak di sisi kiri pertahanan tim tamu lantas mengirim umpan silang datar. Ada Nguyen Quang Hai yang di depan gawang tinggal menaklukkan Dang Van Lam dengan mudah. Skor berubah jadi 1-0.

Filipina bukannya mampu menyamakan kedudukan, tetapi semakin tertinggal setelah Nguyen Cong Phuong mengirim tembakan kaki kanan mematikan. Meski ada gol balasan James Younghusband, tidak ada dua-tiga gol lain yang bisa mengubah situasi.

Skor akhir 2-1 untuk Vietnam. The Golden Stars lolos ke final dengan agregat total 4-2.



Pencetak Gol: Nguyen Quang Hai 83, Nguyen Cong Phoung 87 (Vietnam) | James Younghusband 90 (Filipina)

Susunan Pemain
Vietnam (5-3-2): Đặng Văn Lâm; Quế Ngọc Hải, Đỗ Duy Mạnh, Trần Đình Trọng; Nguyễn Trọng Hoàng, Phạm Đức Huy (Nguyen Cong Phuong 85), Lương Xuân Trường (Nguyen Huy Hung 62), Nguyễn Quang Hải, Đoàn Văn Hậu; Phan Văn Đức, Nguyễn Anh Đức (Nguyen Tien Linh 74)

Filipina (3-4-3)
: Patrick Deyto, Álvaro Silva, Carli de Murga (James Younghusband 69), Amani Aguinaldo; Martin Steuble, Iain Ramsay, Adam Reed, Kevin Ingreso (Jovin Bedic 83); Stephan Schröck, Phil Younghusband, Patrick Reichelt

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
Dari Sejawat
Infografik Instagram