Kualifikasi Piala Dunia 2022

Hasil UEA vs Indonesia: Ali Mabkhout Hattrick, Garuda Kalah 5 Gol

Oleh: Beni Jo - 11 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil UEA vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 berakhir dengan skor 5-0. Ali Mabkhout mencetak hattrick dalam laga pada Jumat (11/10/2019) dini hari.
tirto.id - Hasil laga Uni Emirat Arab (UEA) vs Indonesia dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G yang digelar Kamis (10/10/2019) di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA, berakhir dengan skor 5-0. Ali Mabkhout mencetak hattrick untuk tuan rumah, sedangkan Khalil Ibrahim dan Tareq Ahmed Hassan menyumbang satu gol.

Kekalahan lima gol tanpa balas ini adalah kekalahan tertelak Timnas Indonesia di Pra-Piala Dunia 2022. Garuda kini tetap menghuni posisi buncit klasemen Grup G, dengan nol angka, mencetak 2 gol, dan kemasukan total 11 gol hanya dari tiga laga.

Pada babak pertama, Timnas Indonesia lebih banyak mendapatkan tekanan dari tuan rumah. Lini belakang skuad asuhan Simon McMenemy sebenarnya beberapa kali membaca arah serangan UEA.

Namun, pada menit ke-41, gawang Indonesia akhirnya kebobolan. Berawal dari umpan lambung yang cukup jauh, bola sebenarnya sempat akan ditangkap oleh kiper Wawan Hendrawan, tetapi terlepas.

Khalil Ibrahim yang berdiri di mulut gawang, berhasil memanfaatkan bola liar itu dan menyonteknya ke arah gawang Indonesia. Skor berubah menjadi 1-0. Hasil ini bertahan hingga berakhirnya paruh pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia langsung tampil menekan di menit awal. Andik Vermansah sempat melakukan pergerakan dari sisi kiri. Akan tetapi, usahanya itu masih belum bisa menembus barisan pertahanan lawan.

Pada menit ke-51, UEA berhasil membobol gawang Indonesia untuk kedua kalinya. Menerima umpan dari dalam kotak penalti, Ali Mabkhout melesakkan bola ke gawang hingga kedudukan menjadi 2-0.

Usai gol kedua, tim besutan Bert van Marwijk itu tidak mengendorkan serangan. Tercatat ada dua peluang emas di area kotak penalti Indonesia yang gagal dimaksimalkan oleh penggawa UEA.

Timnas sendiri sempat melakukan ancaman pada menit ke-59. Dari tendangan bebas, bola dikirim langsung ke kotak penalti. Rudolof Yanto Basna yang coba menyambutnya, gagal menjangkau datangnya arah bola.

UEA mendapatkan hadiah tendangan penalti pada menit ke-63. Sebelumnya, terjadi handball di area terlarang. Bola tendangan pemain lawan mengenai tangan Hansamu. Eksekusi Ali Mabkhout yang tenang membobol gawang Indonesia. Skor melebar 3-0.

Menit ke-72, tuan rumah menambah pundi-pundi golnya. Lolos dari jebakan offside, Ali Mabkhout mampu mencetak gol ketiganya di pertandingan ini Total, hanya dalam dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2022, sang penyerang membukukan lima gol.

Memasuki injury time, UEA kembali mampu membobol gawang timnas. Gol kelima itu dihasilkan oleh Tareq Ahmed yang memanfaatkan bola rebound. Skor 5-0 menjadi penutup laga. UEA sempurna dalam dua laga awal, sedangkan Garuda terus saja menderita kekalahan.



Pencetak Gol: Khalil Ibrahim 41', Ali Mabkhout 51', 63', 72', Tareq Ahmed 90+3' (UEA)

Daftar Susunan Pemain

UEA (4-4-2): Khalid Eisa Bilal; Mohammed Al Menhali, Walid Abbas, Mohamad Omar Alattas, Khalifa Mubarak Alhammadi; Ahmed Barman Alhmoudi, Ali Hassan Alblosshi, Khalil Ibrahim Alhammadi, Jassim Yaqoob Albalooshi; Ali Saleh Amro, Ali Mabkhout.

Indonesia (4-2-3-1): Wawan Hendrawan; Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Rudolof Yanto Basna, Ricky Fajrin; Zulfiandi, Hanif Abdurrauf Sjahbandi; Dendi Santoso, Irfan Bachdim, Andik Vermansah; Beto Goncalves.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight