Liga Champion 2020-2021

Hasil UCL Semalam: RB Leipzig vs Liverpool Skor 0-2, Asa ke 8 Besar

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hasil UCL semalam: RB Leipzig vs Liverpool skor 0-2 di leg pertama 16 besar Liga Champion Rabu, 17 Feb 2021. Pencetak gol Mohamed Salah dan Sadio Mane.
tirto.id - Hasil leg pertama 16 besar UEFA Champions League (UCL) antara RB Leipzig vs Liverpool berakhir dengan skor 0-2. Tampil di Puskas Arena, Budapest, tim tamu menang berkat gol Mohamed Salah dan Sadio Mane. The Reds dalam posisi menguntungkan untuk lolos ke perempat final.

Mengalami 3 kekalahan beruntun di Liga Inggris sebelum berlaga kontra RB Leipzig tidak membuat Liverpool tak bertaji jumpa wakil Jerman. Sebaliknya, pasukan Jurgen Klopp pegang kendali sejak awal kontra tim asuhan Julian Nagelsmann.

The Reds unggul penguasaan bola dari RB Leipzig dengan 52,4 persen berbanding 47,6 persen. Meski tuan rumah punya 12 tembakan, hanya 2 yang tepat sasaran. Liverpool lebih efektif dengan 3 tembakan on target dari 10 percobaan.

Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann, menggunakan pola 4-3-3 untuk menjamu Liverpool. Bek tengah yang baru saja resmi ke Bayern Munchen musim depan, Dayot Upamecano mengisi posisi dalam starting XI. Sementara, lini depan dipimpin Dani Olmo.

Di kubu lawan, Liverpool turun dengan formasi biasa 4-3-3. Jurgen Klopp tetap mempercayakan lini belakang terhadap Ozan Kabak yang blunder kontra Leicester City di EPL. Sebagai rekan palang pintu, ada kapten Jordan Henderson. Di depan, trio MSF turun sejak awal.

Berupaya menggoyahkan Liverpool sejak awal, Leipzig sudah mendapatkan peluang pada menit 5. Bermula dari umpan silang Angelino, Olmo menyambar dengan tandukan yang mengenai tiang gawang. Kejutan ini kemudian direspons oleh Liverpool.

Setelah rebound Firmino (15') yang gagal dan tandukan Mane (24') yang terlalu tinggi, sebenarnya Liverpool bisa mencetak gol pada menit 36. Bola dikirim Mane untuk diselesaikan oleh rekan trionya asal Brasil. Namun, ini tidak disahkan wasit karena bola terlebih dahulu keluar lapangan.



Awal babak kedua, Olmo mengirim umpan terobosan kepada Christopher Nkunku yang lolos dari Hnderson. Tembakannya tak bisa menembus rapatnya penjagaan Alisson. Namun, Liverpool yang langsung menemukan momentum untuk menenggelamkan tuan rumah.

Bermula dari Kevin Kampl yang mengirim back pass ke Angelino, Mohamed Salah melakukan intersep. Ia kemudian melesat dan melepaskan tembakan kaki kiri yang masuk gawang Leipzig (53').

Berselang 5 menit, Liverpool kembali memanfaatkan blunder Leipzig. Umpan Curtis Jones tidak bisa ditangani oeh Nordi Mukiele yang justru terjatuh.

Sadio Mane menyambut bola, masuk ke kotak penalti, dan menaklukkan kiper Peter Gulasci. Skor 0-2, pertahanan Leipzig yang hanya bisa clean sheet 4 kali dalam 23 laga UCL terekspos.

Dengan keunggulan relatif besar, Klopp kemudian secara teratur menarik Thiago Alcantara dan Roberto Firmino, 2 pemain kuncinya keluar. Sebaliknya, taktik Nagelsmann dengan menyuntikkan Willi Orban, Yussuf Poulsen, hingga Hwang Hee-Chan tidak menghasilkan gol apa pun.

Kemenangan 0-2 ini membuat Liverpool nyaman jelang leg kedua di Anfield. Sebaliknya, Leipzig mesti menang 0-3 di markas The Reds pada 11 Maret 2021 mendatang jika ingin lolos ke perempat final.



Pencetak Gol: Mohamed Salah 53, Sadio Mane 58

RB LEIPZIG (4-3-3): Peter Gulacsi; Nordi Mukiele (Willi Orban 64'), Lukas Klostermann, Dayot Upamecano, Angelino; Marcel Sabitzer, Amadou Haidara (Yussuf Poulsen 64'), Kevin Kampl (Hwang Hee-Chan 73'); Christopher Nkunku, Daniel Olmo, Tyler Adams.

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ozan Kabak, Jordan Henderson, Andy Robertson; Curtis Jones, Georginio Wijnaldum, Thiago Alcantara (Alex Oxlade-Chamberlain 72'); Mohamed Salah (Neco Williams 90'), Roberto Firmino (Xherdan Shaqiri 72'), Sadio Mane.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight