Hasil Taiwan Open 2019: Shesar Hiren Kalah Indonesia Gagal ke Final

Oleh: Oryza Aditama - 7 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Shesar Hiren Rhustavito kalah dalam semifinal turnamen bulu tangkis Chinese Taipei Open 2019
tirto.id - Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito melengkapi hasil buruk para wakil Indonesia dalam semifinal turnamen bulu tangkis Chinese Taipei Open 2019 di Taipei Arena, Taiwan hari ini, Sabtu (7/9/2019). Pemain peringkat 34 dunia itu menyerah di tangan unggulan pertama tuan rumah, Chou Tien Chen, lewat duel tiga gim.

Kendati hanya berstatus non-unggulan, namun Shesar Hiren sanggup menunjukkan performa menawan pada set pertama. Pemain 25 tahun itu mampu unggul cepat 6-1 atas sang rival yang berperingkat 2 dunia. Masuk masa interval tunggal putra Merah Putih masih memimpin 11-8.

Chou Tien Chen mulai menunjukkan kapasitasnya selepas rehat, dengan berhasil menyamakan kedudukan 13-13. Setelah itu perolehan angka mulai berjalan ketat.

Shesar Hiren mampu tampil tenang saat memasuki poin kritis. Sempat diwarnai beberapa kali setting point, akhirnya gim pertama menjadi milik wakil Indonesia dengan keunggulan tipis 25-23.

Performa Shesar Hiren ternyata jauh menurun pada gim kedua. Ia langsung tertinggal 3-9 pada awal permainan. Selepas jeda situasi tak banyak berubah. Torehan delapan angka beruntun dari Chou Tien Chen menutup gim kedua dengan skor 10-21 untuk kubu tuan rumah.

Memasuki set penentuan Shesar Hiren belum mampu keluar dari tekanan lawan. Ia tertinggal 6-11 saat jeda. Kemudian menyerah dengan selisih cukup jauh 13-21 pada akhir laga. Pertarungan rubber game dengan skor 25-23, 10-21, dan 13-21, berakhir dalam tempo 69 menit.

Untuk laga final hari Minggu (8/9/2019), Chou Tien Chen telah ditunggu tunggal putra Korea Selatan, Heo Kwang Hee. Dalam laga semifinal tadi, Kwang Hee sukses mengatasi perlawanan wakil Jepang, Koki Watanabe, juga lewat pertarungan tiga gim.

Kegagalan Shesar Hiren untuk menyegel tiket final sekaligus melengkapi hasil buruk tiga wakil Merah Putih lain yang juga turun di partai semifinal hari ini, Sabtu (7/9/2019).

Ganda putri unggulan pertama, Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyerah rubber game dari pasangan Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Sementara pasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto takluk dua set langsung dari ganda putri unggulan ke-3 asal Korea Seltan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Berikutnya dari nomor ganda campuran, pasangan unggulan ke-3, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja kandas di tangan Seo Seung Jae/Chae Yujung yang juga berasal dari Korea Selatan.


Baca juga artikel terkait TAIWAN OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight