Hasil Survei APJII: 64 Persen Penduduk Indonesia Gunakan Internet

Oleh: Ahmad Zaenudin - 15 Mei 2019
Hasil survei APJII menunjukkan, pada 2018 sebanyak 64 persen penduduk Indonesia menggunakan internet.
tirto.id - Pada tahun 2018 terdapat 171,17 juta pengguna internet Indonesia. Angka ini terungkap dari hasil survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) saat dipaparkan pada perayaan ulang tahun ke-23 APJII, Rabu (15/5).

Dengan jumlah penduduk Indonesia mencapai angka 265,16 juta jiwa, 64,8 persen penduduk Indonesia adalah pengguna internet.

Pada tahun 2017, jumlah pengguna internet Indonesia, menurut survei sama yang dilakukan APJII, mencapai 143,26 juta. Artinya, dalam tempo satu tahun, tercipta pertumbuhan pengguna mencapai 27,91 juta.

Niken Widiastuti, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menyebut bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia kemungkinan akan terus bertambah. Pasalnya, pembangunan infrastruktur internet terus berjalan.

“(Jumlah pengguna akan terus meningkat karena) pembangunan Palapa Ring Barat dan Tengah sudah mendekati 100 persen, sementara Palapa Ring Timur sudah mencapai 90 persen,” tutur Niken.

Meski terus tumbuh, Jawa menjadi penyumbang terbesar populasi pengguna internet Indonesia, dengan provinsi Jawa Barat sebagai penyumbang terbesarnya. Tercatat, 16,6 persen total penduduk yang melek internet di Indonesia adalah warga Jabar.





Baca juga artikel terkait INTERNET atau tulisan menarik lainnya Ahmad Zaenudin
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Ahmad Zaenudin
Penulis: Ahmad Zaenudin
Editor: Agung DH