Hasil Semifinal Piala Menpora 2021 PSS vs Persib Skor 1-2

Oleh: Beni Jo - 16 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Hasil pertandingan PSS Sleman vs Persib Bandung di semifinal leg pertama Piala Menpora 2021 tuntas dengan skor 1-2.
tirto.id - Hasil pertandingan PSS vs Persib dalam semifinal leg pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4/2021) malam berkesudahan dengan skor 1-2. Sempat tertinggal oleh PSS Sleman lewat Saddam Gaffar, Persib Bandung akhirnya menang melalui gol Victor Igbonefo dan Frets Butuan.

Persib melakukan perubahan yang cukup signifikan di lini depan. Tanpa Ezra Walian yang sempat menderita cedera dan kartu merah yang diterima Wander Luis dalam duel sebelumnya, membuat barisan serang Maung Bandung mengalami pergantian.

Ferdinand Sinaga diturunkan dalam starting XI sebagai striker utama. Di sampingnya, terdapat Esteban Vizcarra yang siap menjadi partner bagi mantan penyerang Timnas Indonesia tersebut.

Untuk sektor pertahanan, duet bek tengah tetap menjadi milik Nick Kuipers dan Victor Igbonefo. Mereka kali ini berdiri sejajar di depan gawang kawalan I Made Wirawan.

Keputusan menarik juga dibuat pelatih PSS Sleman, Dejan Antonic, di sektor striker utama. Pemain muda Timnas U19, Saddam Gaffar, diandalkan sejak menit awal dengan dukungan Arsyad Gufron, Irfan Jaya, dan Nicolas Velez.

Di lini belakang, Super Elja tetap bertumpu pada kematangan Mario Maslac dan Fabiano Beltrame dalam menjaga sektor pertahanan. Berada di bawah mistar gawang ialah sang kiper utama, Ega Rizky.

Jalannya Laga PSS vs Persib

Tensi pertandingan yang cukup tinggi langsung diperagakan kedua tim di atas lapangan. Laga baru berjalan tiga menit, Saddam Gaffar menerima kartu kuning usai melanggar Esteban Vizcarra.

Demikian pula dengan Henhen Herdiana. Bek sayap Persib itu diganjar kartu kuning hanya tiga menit kemudian akibat mengangkat kaki yang terlalu tinggi.

Memasuki menit ke-19, PSS membuka keunggulan atas lawan. Menerima umpan silang yang dikirim Samsul Arifin, si kulit bundar langsung disambar dengan sundulan oleh Saddam Gaffar. Tandukannya menjebol gawang kawalan Made Wirawan. Skor berubah 1-0.

Tidak butuh waktu lama bagi Maung Bandung untuk menyamakan kedudukan. Hanya berjarak tiga menit berselang, klub besutan Robert Rene Alberts melakukan aksi balasan.

Memaksimalkan tendangan penjuru dari Febri Hariyadi, bola langsung dikirim ke depan gawang. Victor Igbonefo menyambutnya dengan sundulan dan mengoyak gawang Ega Rizky. Keadaan menjadi imbang 1-1.


Menuju babak kedua, beberapa kali usaha PSS untuk menjebol gawang Persib selalu menemui kegagalan, termasuk dua kali aksi Nicolas Velez. Sundulan serta tendangan yang dilepaskan pemain asal Argentina ini nyaris saja menambah keunggulan untuk PSS.

Sementara Persib juga mengancam lewat tendangan yang dilakukan Esteban Vizcarra. Namun, arah bola masih melenceng dari sasaran.

Jelang laga usai yakni di menit ke-90, Maung Bandung akhirnya memastikan kemenangan. Diawali serangan balik cepat, Frets Butuan memaksimalkan bola muntah di kotak penalti PSS.

Dengan sekali sontekan, aksi pemain bernomor punggung 21 itu menjebol gawang Super Elja. Keadaan berbalik menjadi 1-2 untuk keunggulan Persib.

Hingga wasit meniup panjang peluitnya, skor tetap tidak berubah. Pertemuan pertama antara PSS melawan Persib akhirnya berkesudahan melalui skor 1-2 untuk kemenangan Maung Bandung.

Pencetak gol: Saddam Gaffar 19' (PSS), Victor Igbonefo 22' (Persib), Frets Butuan 90' (Persib)

Susunan Pemain

Persib Bandung (4-4-2): I Made Wirawan; Ardi Idrus, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Henhen Herdiana; Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Farshad Noor, Frets Butuan; Esteban Vizcarra, Ferdinand Sinaga.

Cadangan: Teja Paku Alam, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Bayu Muhammad Fiqri, Mario Jardel, Agung, Zalnando, Abdul Aziz, Bekham Putra, Erwin Ramdani.

PSS Sleman (4-2-3-1): Ega Rizky; Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Fabiano Rosa Beltrame, Samsul Arifin; Kim Jeffrey Kurniawan, Aaron Evans; Arsyad Gufron, Irfan Jaya, Nicolas Velez; Saddam Gaffar.

Cadangan: Adi Satryo, Fandry Imbiri, Arthur Irawan, Derry Rahman, Wahyu Sukarta, Irkham Mila, Jefri Kurniawan, Rafi Angga, Ocvian Chanigio, Fitra Ridwan.

Baca juga artikel terkait HASIL PIALA MENPORA 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight