Hasil Semifinal Piala Dunia 2018: Perancis vs Belgia Skor Akhir 1-0

Oleh: Ibnu Azis - 11 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Gol semata wayang Samuel Umtiti membawa Perancis lolos ke final Piala Dunia 2018 untuk ketiga kalinya setelah edisi 1998 dan 2006.
tirto.id - Skor akhir Perancis vs Belgia di hasil semifinal Piala Dunia 2018 berkesudahan 1-0 di babak kedua. Berlangsung di Stadion Saint Petersburg, Rusia pada Rabu (11/7) dini hari, kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol di paruh pertama.

Tercatat, terjadi 14 tembakan, 11 untuk Perancis sedangkan tiga bagi Belgia di babak pertama. Kendati begitu, Red Devils unggul dalam penguasaan bola (58%). Setelah berkali-kali gagal mengoyak jala gawang Thibaut Courtois, Les Bleus akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-51.

Adalah Samuel Umtiti yang memecah kebuntuan. Berawal dari situasi sepak pojok Antoine Griezmann, Umtiti mampu mendahului Marouane Fellaini untuk meneruskan bola ke dalam gawang. Gol bek Barcelona ini sekaligus merupakan kebobolan pertama Belgia di Piala Dunia dalam situasi tendangan sudut sejak 1994 menghadapi Jerman.


Opta mencatat, ini kali pertama sejak edisi 1998 (Bixente Lizarazu, Laurent Blanc, dan Lilian Thuram) tiga pemain belakang mencetak gol di panggung Piala Dunia (Benjamin Pavard, Raphael Varane, dan Umtiti).


Usai gol Umtiti itu, Perancis dan Belgia masing-masing menghasilkan tiga tembakan hingga menit ke-75. Red Devils menjaga asa untuk menyamakan skor melalui Toby Alderweireld, Marouane Fellaini, serta Kevin De Bruyne, sedangkan Olivier Giroud (2) dan Blaise Matuidi berusaha menggandakan kedudukan.

Belgia nyaris membuat skor imbang pada sembilan menit sebelum paruh kedua rampung. Berawal dari bola muntah hasil tekel pemain belakang Perancis ke Hazard, si kulit bundar diteruskan Axel Witsel melalui sepakan keras dari luar kotak penalti. Beruntung Hugo Lloris sanggup mengantisipasi dengan gemilang.


Hingga enam tambahan waktu yang diberikan oleh Andres Cunha di masa injury time rampung, kedudukan tak berubah. Hasil Perancis vs Belgia skor akhir 1-0 usai wasit asal Uruguay itu meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua, sekaligus membuat Les Bleus lolos ke final untuk ketiga kalinya usai 1998 dan 2006.


Berikut susunan pemain kedua kesebelasan:

Perancis (4-2-3-1)

Hugo Lloris (GK); Lucas Hernandez, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard; Ngolo Kante, Paul Pogba; Blaise Matuidi (Corentin Tolisso 86'), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Steven N'Zonzi 85').

Belgium (3-5-2)

Thibaut Courtois (GK); Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Nacer Chadli, Moussa Dembele (Dries Mertens 60'), Axel Witsel, Marouane Fellaini (Yannick Ferreira Carraco 80'), Kevin De Bruyne; Eden Hazard, Romelu Lukaku​.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis