Coppa Italia

Hasil Sampdoria vs AC Milan di Coppa Italia, Dua Gol Cutrone

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 0-2 menjadi hasil Sampdoria vs AC Milan dalam laga 16 besar Coppa Italia 2019 pada Minggu (13/1/2019).
tirto.id - Hasil pertandingan Sampdoria vs AC Milan dalam lanjutan babak 16 besar Coppa Italia 2019 berkesudahan dengan skor babak pertama 0-2. Bertanding di Stadion Luigi Ferraris pada Minggu (13/1/2019) dini hari waktu Indonesia, dua gol Patrick Cutrone pada babak tambahan waktu mengantarkan AC Milan melaju ke putaran 8 besar Coppa Italia.

Kedua kesebelasan bermain tanpa gol di babak pertama. Sampdoria masih terlihat dominan dalam hal mencetak peluang dan penguasaan bola. Total, Sampdoria telah mencatatkan 6 peluang yang setengahnya menemui sasaran dari 49% penguasaan bola. Sementara AC Milan memiliki 2 tendangan on goal dari 6 peluang.

Sampdoria melakukan ancaman berbahaya pada menit 23. Pemain yang baru masuk Jakub Jankto melakukan tendangan tepat ke arah gawang setelah menerima umpan dari sayap kanan, namun Pepe Reina masih mampu menepisnya. Kendati bola memantul ke kaki Gianluca Caprari, penyerang asal Italia itu gagal memasukkan bola ke gawang.

Tuan rumah kembali melakukan ancaman berbahaya pada dua menit berselang melalui Fabio Quagliarella. Bermula dari situasi tendangan pojok, Quagliarella yang berdiri di tiang jauh berhasil melepaskan diri dari kawalan bek Milan. Namun bola yang mengarah tepat kepadanya tidak mampu dijadikan gol, akibat kontrol bola yang buruk. Skor 0-0 bertahan hingga paruh pertama usai.



Memasuki paruh kedua, AC Milan giliran mengambil inisiatif menguasai pertandingan. Menit 49 Samuel Castillejo melepaskan sepakan keras ke arah gawang yang sayangnya masih tepat ke hadapan sang kiper, Rafael Cabral.

Perlahan tuan rumah mulai keluar dari tekanan dan kembali menemukan cara untuk mengancam gawang Pepe Reina. Pada menit 59, Gaston Ramirez hampir membuat Sampdoria unggul melalui tandukannya menyambut sepak pojok. Akan tetapi bola hasil sundulannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-70, Hakan Calhanoglu hampir memberikan AC Milan keunggulan. Tendangannya yang memanfaatkan tarik Samuel Castillejo di dalam kotak penalti masih melebar, kendati tidak mendapat kawalan yang berarti dari para pemain belakang Sampdoria.

Pada menit 84, Pepe Reina melakukan penyelamatan gemilang dari peluang Albin Ekdal. Gelandang berpaspor Swedia tersebut melepaskan sepakan spekulasi dari jarak jauh yang mengarah ke pojok atas gawang. Namun, Pepe Reina masih dapat menepisnya dan hanya menghasilkan sepak pojok. Hingga waktu normal berakhir, skor tetap bertahan tanpa gol. Pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

12 menit babak tambahan pertama berjalan, tim tamu berhasil mencetak gol melalui pemain pengganti, Patrick Cutrone. Umpan tarik Andrea Conti dari sisi kiri pertahanan Sampdoria berhasil diteruskan menjadi gol oleh Cutrone. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Rossoneri.

Memasuki babak tambahan kedua, Patrick Cutrone kembali mencetak gol dan memperlebar kedudukan AC Milan pada menit 108. Umpan Hakan Calhanoglu ke kotak penalti sukses disambut dengan sepakan voli oleh Patrick Cutrone yang tak mampu dibendung oleh Rafael Cabral.

Kendati terus menekan dan berupaya mencetak gol pengecil ketertinggalan, Sampdoria harus puas dengan kekalahan 0-2 hingga laga yang berlangsung 120 menit ini usai. Hasil ini membuat anak asuh Gennaro Gattuso melangkah ke babak selanjutnya.

Tuan rumah berhasil mencatatkan 54% penguasaan bola serta 12 sepakan tepat sasaran dari 22 percobaan. Sementara AC Milan hanya melakukan 8 shot on target yang 2 di antaranya berbuah gol,

Susunan Pemain

SAMPDORIA (4-3-1-2): Rafael Cabral; Nicola Murru, Lorenzo Tonelli, Joachim Andersen, Jacopo Sala; Dennis Praet, Karol Linetty (Jakub Jankto 21'), Albin Ekdal; Gaston Ramirez (Riccardo Saponara 77'); Gianluca Caprari (Gregoire Defrel 90+4'), Fabio Quagliarella (Dawid Kownacki 95').

AC MILAN (4-3-3): Jose Reina; Ricardo Rodriguez, Ignazio Abate (Andrea Conti 99'), Alessio Romagnoli, Cristian Zapata; Tiemoue Bakayoko, Lucas Paqueta (Fabio Borini 85'), Franck Kessi; Gonzalo Higuain (Diego Laxalt 112'), Hakan Calhanoglu, Samu Castillejo (Patrick Cutrone 90').

Baca juga artikel terkait COPPA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan