Shopee Liga 1 2019

Hasil PSS vs PSIS Skor 1-3, Jafri Sastra: Disiplin Adalah Kunci!

Oleh: Irwan Syambudi - 17 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil akhir PSS vs PSIS membuahkan skor 1-3 untuk kemenangan tim tamu.
tirto.id - Pertandingan PSS Sleman vs PSIS Semarang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Maguwoharjo pada Rabu (17/7/2019) berakhir dengan skor 1-3 untuk kekalahan tuan rumah. Pelatih PSIS, Jafri Sastra, menyebut disiplin yang diterapkan pemainnya adalah kunci kemenangan di markas PSS.

Tuan rumah sebenarnya sempat unggul terlebih dulu lewat gol cepat Brian Ferreira di menit ke-4. Namun, sebelum babak pertama usai, Laskar Mahesa Jenar mampu bangkit bahkan membalas tiga gol beruntun lewat aksi Silvio Escobar, Wallace Costa, dan Bayu Nugroho. Berkat kedisplinan para pemainnya, PSIS sukses mempertahankan kemenangan hingga laga tuntas.

Jafri Sastra menyebut kemenangan ini tercipta sebagai hasil positif selama latihan sebelum bertandang ke Sleman. Mantan pelatih Semen Padang dan Mitra Kukar ini menekankan kepada skuadnya untuk tampil total, disiplin, dan jangan sampai kehilangan konsentrasi.

“Saya menyatakan [kepada pemain] bermain all out, disiplin, dan fokus, setiap jengkal lapangan dari menit ke menit. Anak-anak bisa menjalankan apa yang pelatih inginkan. [Ini seperti] Apa yang sudah kami rencanakan selama empat hari berlatih," tutur Jafri setelah laga.

“Anak-anak bermain sangat luar biasa, disiplin, walaupun dalam kondisi tertinggal. Mental mereka untuk memenangkan pertandingan lawan Sleman, dibantu dengan kedisiplinan, fokus, itu yang bisa kami raih tentunya luar biasa selama 90 menit di lapangan," imbuhnya.


Tim tamu menyamakan kedudukan pada menit ke-33 lewat sundulan Silvio Escobar. Di menit 42, PSS malah tertinggal setelah Wallace Costa membalikkan keadaan menjadi 1-2 melalui eksekusi penalti. Jelang turun minum, Bayu Nugroho menjauhkan keunggulan PSIS usai menerima bola muntah hasil tepisan kiper tuan rumah.

Hingga laga berakhir, skor tidak berubah. Skuad asuhan Seto Nurdiyantoro harus menelan kekalahan pertama di kandang dari tamunya. Dengan hasil ini, raihan poin Laskar Elang Jawa tidak berubah yakni 12 poin dari 8 laga yang telah dijalani.

Bagi PSIS, kemenangan tandang ini membuat anak-anak Semarang mengumpulkan 14 poin dari 9 pertandingan. Selain itu, hasil ini menjadi modal berharga sebelum menjamu tim kuat, Persib Bandung, pada 20 Juli 2019 mendatang.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight