Piala Presiden

Hasil PSIS vs PSM: Penalti Marini Junior Menangkan Mahesa Jenar

Oleh: Beni Jo - 16 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil 1-0 melawan PSM pada Sabtu (16/3) membuat PSIS kini memperoleh enam poin di klasemen akhir.
tirto.id - Hasil laga antara PSIS vs PSM pada babak penyisihan terakhir Piala Presiden 2019 Grup C yang digelar Sabtu (16/3/2019) di Stadion Moch Soebroto, Magelang, berakhir dengan skor 1-0. Gol penalti yang dieksekusi oleh Marini Junior pada menit 83 sukses mengantarkan kemenangan untuk tim Mahesa Jenar.

Bertindak selaku tuan rumah Grup C Piala Presiden 2019, PSIS dua kali menang dari tiga laga yang dilakoni dengan raihan enam poin. Tim Mahesa Jenar total mencetak tiga gol dan kebobolan tiga kali.

Sementara bagi PSM, ini merupakan kekalahan ketiga mereka di turnamen Piala Presiden 2019. Tim Juku Eja selalu menelan kekalahan dengan skor identik, 0-1.

Pada paruh pertama, kedua tim bermain imbang 0-0. Tidak ada gol yang mampu diciptakan oleh kedua tim. PSIS yang membutuhkan hasil kemenangan di laga ini pun, tercatat tidak menghasilkan banyak peluang emas yang bisa berbuah gol. Sedangkan PSM yang sudah dipastikan tersingkir dari babak perepat final, tampak tampil lepas dalam meladeni permainan tim Mahesa Jenar.

Memasuki babak kedua, tim Juku Eja langsung menampilkan Aaron Evans dan M. Rizky Eka sejak menit awal. Tampak bahwa pelatih Darije Kalezić mulai membenahi lini belakangnya.

Sedangkan PSIS sempat mempunyai peluang pada menit 48 setelah Septian David Maulana melepaskan tendangan bebas dari luar kotak 16 yang tipis di atas mistar gawang Rivky Mokodompit.

Tidak lama berselang, Marini Junior juga langsung mengancam dengan tendangan jarak jauhnya yang melayang di atas gawang PSM.

PSM sendiri baru mampu keluar dari tekanan para pemain PSIS yang lebih gencar melancarkan serangan pada babak kedua. Pada menit 58, Guy Junior mencoba melepaskan tembakan ke arah gawang Mahesa Jenar, meskipun hanya melenceng ke kiri gawang Jandia Eka Putra.

PSIS yang membutuhkan kemenangan demi peluang lolos menuju babak perempat final Piala Presiden, belum mampu mencetak gol hingga menit ke 70. Belum ada ancaman yang cukup serius terhadap gawang PSM yang dikawal oleh Rivky Mokodompit, kiper yang tampil cukup tenang pada pertandingan ini.

Menit 82, PSIS mendapatkan hadiah penalti dari wasit setelah Rasyid Bakri melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Dengan tenang, Marini Junior sukses mengeksekusinya dan mampu membobol gawang PSM. Skor berubah 1-0 untuk tim Mahesa Jenar.

Babak kedua berakhir dan tidak ada gol tambahan yang tercipta pada laga ini. Wasit meniupkan panjang peluitnya dalam kedudukan 1-0 untuk kemenangan PSIS Semarang.


Pencetak gol:
Marini Junior '83 (PSIS)

Daftar Susunan Pemain

PSIS (4-3-3): Jandia Eka Putra; Ganjar Mukti, Wallace Costa, Fauzan F, Soni S; Ibrahim Conteh, Heru, Septian David Maulana; Bayu Nu, Hari Nur Yulianto, Marini Junior

Cadangan: Joko Ribowo, Fauzan Jamal, Aqsho, M. Yunus, Fantri, Aldaier Makatindu, Komarodin

PSM (4-3-3): Rivky Mokodompit; Abdul Rahman, Munhar, Hasim Kipuw, Reva Adi Utama; M. Arfan, Marc Klok, Rasyid Bakri; Saldy, Bayu Gatra, Guy Junior

Cadangan: M. Reza Arya, Aaron Evans, M. Rizky Eka, Takwir, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun, Eero Markkanen

Baca juga artikel terkait PIALA PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight