Hasil Piala FA 2019: Pogba & Herrera Bawa MU Taklukkan Chelsea 0-2

Oleh: Fitra Firdaus - 19 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-2 menjadi hasil Chelsea vs Manchester United di 16 besar Piala FA pada Selasa (19/2/2019) berkat gol Ander Herrera dan Paul Pogba.
tirto.id - Paul Pogba menjadi inspirasi kemenangan Manchester United 0-2 atas tuan rumah Chelsea di 16 besar Piala FA yang digelar pada Selasa (19/2/2019). Ia mencetak satu gol dan membuat assist untuk Ander Herrera dalam laga di Stamford Bridge yang membuat tuan rumah makin terpuruk.

Manchester United baru saja menelan kekalahan pertama di era Ole Gunnar Solskjaer ketika bertemu PSG di Liga Champions. Kali ini, berjumpa Chelsea yang menurunkan formasi khas Maurizio Sarri 4-3-3, United memakai pola 4-3-1-2. Ada Juan Mata di belakang Marcus Rashford dan Romelu Lukaku.

Chelsea dan United sama-sama membuka pertandingan dengan permainan terbuka. Menit ketiga, serangan kilat tim tamu berujung pada bola silang Rashford yang dibelokkan David Luiz, tepat sebelum Lukaku menyambutnya. Namun, tembakan tepat sasaran pertama datang dari tuan rumah.

Chelsea menciptakan dua peluang sekaligus pada menit ke-11, dari tendangan bebas David Luiz yang dimentahkan David De Gea, dilanjutkan aksi rebound Pedro yang diblok sosok yang sama.

Menit ke-13, giliran Herrera yang mencoba mengancam tuan rumah dengan tembakan jarak jauh yang bisa dibendung Kepa Arrizabalaga. The Blues yang pada Jumat (15/2) lalu menang atas Malmo, punya kesempatan lain dari Gonzalo Higuain, tetapi tandukannya tak menemui sasaran.

United akhirnya berhasil memanfaatkan peluang pada menit ke-31. Paul Pogba tidak ditutup di sisi kiri, dan ia mengirimkan umpan silang untuk Herrera. Tidak terkawal, sang mantan pemain Athletic Bilbao menanduk bola masuk gawang Chelsea.



Tuan rumah yang dalam kondisi tertinggal, lebih banyak menguasai bola. Namun, bukannya mencetak gol balasan, mereka kembali terbobol pada menit ke-45. Umpan manis Rashford diselesaikan oleh Pogba. Skor 0-2 tepat sebelum turun minum jadi pukulan besar.

Sarri mencoba mengubah situasi dengan masuknya Willian, Ross Barkley, dan Davide Zappacosta secara bertahap. Chelsea memang lebih banyak menekan. Namun, United bertahan dengan baik, dan membuat peluang tuan rumah cukup minimal.

Hingga akhir, kedudukan 0-2 tidak terelakkan. Chelsea menelan kekalahan ketiga dalam lima laga terakhir di semua kompetisi. Ketidakpuasan fans terhadap Sarri semakin menguat. Dikutip dari Sky Sports, pada babak kedua, penggemar di Stamford Bridge menyanyikan "You don't know what you're doing" untuk sang juru taktik.

Berdasarkan statistik Soccerway, Chelsea menguasai 62 persen bola dan melepaskan 11 tembakan sepanjang laga. Namun, hanya 3 yang tepat sasaran. Sebaliknya, meski United hanya memiliki 4 tembakan, 3 di antaranya mengarah ke gawang, dan menghasilkan gol.

Pencetak Gol: Paul Pogba 31, Ander Herrera 45

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta (Davide Zappacosta 82), Antonio Rudiger, David Luiz, Marcos Alonso; N'Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic (Ross Barkley 71); Pedro (Willian 58), Gonzalo Higuain, Eden Hazard

Manchester United: Sergio Romero; Ashley Young, Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic, Paul Pogba; Juan Mata (Andreas Pereira 76); Marcus Rashford (Scott McTominay 90), Romelu Lukaku (Alexis Sanchez 73)

Baca juga artikel terkait PIALA FA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight