Hasil Piala Asia 2019: Yordania Taklukkan Juara Bertahan Australia

Oleh: Permadi Suntama - 6 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-1 menjadi hasil Piala Asia 2019 Grup B antara Australia vs Yordania yang membuat sang juara bertahan tumbang di laga perdana.
tirto.id - Juara bertahan Australia mengawali kiprahnya di Piala Asia 2019 dengan kekalahan. Menghadapi Yordania pada Minggu (6/1/2019) di Stadion Hazza Bin Zayyed Stadium, Al Ain, Masimo Luongo dan kolega harus takluk 0-1. Gol Al-Nashama, julukkan tim nasional Yordania, dicetak oleh Anas Bani Yassen (’26).

Dengan hasil tersebut, Australia berada di dasar klasemen Piala Asia 2019 Grup B dengan poin 0, sedangkan Yordania berhasil menduduki puncak klasemen dengan poin 3 dari 1 pertandingan. Sementara Suriah dan Palestina, yang berada di grup yang sama, baru menjalani laga pada Minggu (6/1/2019) pukul 23.00 WIB.

Kedua tim langsung mengambil inisiatif serangan begitu peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan. Australia yang menjadi tim unggulan di Grup B, berhasil menguasai jalannya laga dengan mencatatkan 77% penguasaan bola, berbanding 23% milik Yordania.

Dalam pertandingan tersebut, The Socceroos berhasil melakukan 15 kali percobaan dengan 6 di antaranya tepat sasaran, sementara Yordania yang mengandalkan serangan balik cepat, tampil lebih efektif dengan menciptakan 6 tendangan tepat sasaran dari 9 kali percobaan.

Kendati demikian, justru Yordania yang berhasil mencetak gol pada menit 26, melalui Anas Bani Yassen, memanfaatkan sepak pojok yang dikirimkan Mousa Suleiman Al Tamari. Bek tengah klub Al Faisaly (Liga Yordania) tersebut berhasil menanduk bola ke pojok kiri atas gawang Australia yang tidak mampu dijangkau Mathew Ryan.

The Socceroos langsung merespon ketertinggalan dengan mengurung pertahanan Yordania. Namun, hingga babak pertama usai, tidak ada peluang berarti yang berhasil di dapat Masimo Luongo dan kawan-kawan.



Pada babak kedua, pelatih Graham Arnold langsung melakukan perubahan, dengan memasukkan Ryan Grent, menggantikan Josh Risdon, yang di babak pertama tampil kurang maksimal. Australia terus mengurung pertahanan Yordania, namun strategi bertahan yang diterapkan Vital Borkelmans, berhasil membuat lini depan Australia frustasi.

Thomas Rogic dan kolega kerap melakukan tendangan dari jarak jauh, yang banyak tidak tepat sasaran. Graham Arnold pun kembali melakukan perubahan dengan memasukkan Christopher Ikonomidis, menggantikan Robbie Kruse. Australia pun bermain dengan dua penyerang sekaligus untuk mengejar ketertinggalan, namun hingga laga usai, tidak ada gol yang berhasil diciptakan oleh Australia.

Pencetak Gol: Anas Bani Yassen ’26 (Yordania)

Susunan Pemain
Australia (4-2-3-1): Mathew Ryan; Josh Risdon, Trent Sainsbury, Milos Degedek, Aziz Behich; Mark Milligan, Masimo Luongo; Awer Mabil, Tomas Rogic, Robbie Kruse; Jamie Maclaren

Yordania (4-2-3-1): Amer Shafi’ Sabbah; Feras Zeyad Shilbaya, Tareq Zeyad Khattab, Annas Bani Yassen, Salem Al Ajalin; Baha’a Abdulrahman Suleiman, Khali Baniateyah; Yousef Al Rawashdeh, Saeed Al Murjan, Yasen Al Bakhet; Moussa Al Tamari

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight