STOP PRESS! Diduga Terlibat Plagiasi, Rektor UNJ Diberhentikan Sementara

Hasil Pertandingan PSM Makassar vs Barito Putera Skor 1-1

Hasil Pertandingan PSM Makassar vs Barito Putera Skor 1-1
Pemain PSM Makassar M Rahmat (kiri). ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang
18 Juli, 2017 dibaca normal 2 menit
PSM Makassar gagal meraih puncak klasemen GoJek Traveloka setelah hanya memetik satu poin di kandang sendiri melawan Barito Putera.
tirto.id - Hasil pertandingan antara PSM Makassar vs Barito Putera di Stadion Andi Mattalata pada hari ini, Selasa 18 Juli berakhir dengan skor 1-1. 

Dengan hanya meraih satu poin, PSM Makassar gagal meraih kembali posisi puncak klasemen Liga 1 Gojek Traveloka 2017. Saat ini, PSM Makassar memiliki koleksi poin yang sama dengan pemuncak klasemen Madura United yang mengoleksi 28 poin. Kendati demikian, skuat asuhan Robert Alberts masih kalah dalam hal selisih gol.

Sementara itu, bagi Barito Putera hasil imbang juga tidak mengubah posisi mereka. Saat ini Rizky Pora dan kawan-kawan masih berada di peringkat kesembilan klasemen sementara Liga 1 Gojek Traveloka 2017 dengan total 23 poin.

Sebenarnya dalam laga pada Selasa sore tadi, tuan rumah PSM Makassar langsung tampil menyerang sejak awal pertandingan. Turun dengan formasi 4-3-3, Juku Eja berkali-kali mengancam gawang Barito Putera melalui trio Reinaldo Elias, Ferdinand Sinaga, dan M Rahmat. 

Penjaga gawang Barito Putera, Aditya Harlan harus berjibaku mengamankan gawangnya dari ancaman sporadis para penyerang PSM Makassar. Tiga peluang berhasil digagalkan oleh penjaga gawang plontos tersebut. Ketiganya datang dari sepakan Syamsul Chaerudin, M Rahmat, dan Ghozali Sirregar. Harlan juga berhasil menggagalkan peluang emas hasil sundulan Reinaldo Elias.

Pada babak pertama Barito Putera tidak bisa berbuat banyak. Aksi individu Rizky Pora berkali-kali berhasil mengejutkan lini tengah PSM Makassar. Namun, duet Matias Cordoba dan Yongky Ari Wibowo gagal melepaskan diri dari bayang-bayang lini belakang PSM yang dipimpin oleh Hendra Wijaya. Douglas Packer juga masih belum banyak menunjukkan perannya sebagai kreator utama skuat asuhan Jacksen F Tiago.

Meski tampil mendominasi, tuan rumah baru dapat membuka keunggulan pada menit ke-32. Umpan terobosan Marc Anthony Klok berhasil disambut oleh Ferdinand Sinaga. Lewat sebuah akselerasi cantik, pemain bernomor punggung tiga tersebut kemudian mengecoh dan melewati penjaga gawang Aditya Harlan. 

Ferdinand yang tinggal berhadapan dengan “gawang kosong” kemudian melepaskan tembakan yang mengecoh pemain bertahan Barito, Aaron Evans. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Gol Ferdinand tersebut menjadi satu-satunya yang tercipta pada babak pertama. Hingga turun minum, total Juku Eja melesatkan tujuh tembakan yang enam diantaranya mengarah langsung ke gawang Barito Putera. Sementara itu, Barito Putera hanya mampu membalas dengan satu tembakan mengarah ke gawang lawan. 

Meski tampil mendominasi serangan, PSM justru kalah dalam hal penguasaan bola. Sepanjang babak pertama, bola justru sering dikuasai oleh tim tamu dengan angka 43% berbanding 57%.

Di babak kedua, Juku Eja membuka peluang ketika mendapat sepak pojok pada menit ke 49. Sayangnya, umpan lebar Syamsul Chaerudin gagal dimanfaatkan oleh Ardan Aras setelah sundulannya melayang jauh di atas mistar gawang Barito Putera.

Tak ingin menyerah begitu saja, Barito Putera merespons lewat sebuah serangan balik. Pada menit ke-54, crossing Valentino berhasil disambut sundulan Yongky Ari Wibowo yang mengarah langsung ke sisi pojok gawang PSM. Namun, peluang tersebut berhasil digagalkan oleh penjaga gawang Syaiful.

Barito Putera kembali mendapat peluang setelah terjadi pelanggaran terhadap Rizky Pora beberapa meter di luar kotak penalti PSM Makassar. Rizky yang mengeksekusi sendiri tendangan tersebut gagal memanfaatkan peluang setelah tembakannya masih melebar dari target.

Di menit ke-62, Douglas Pecker juga gagal memanfaatkan peluang emasnya di mulut gawang PSM Makassar. Menyambut umpan Matias Cordoba, sepakannya masih melambung jauh di atas gawang Syaiful. 

Pada menit ke-72, tim tamu akhirnya membuktikan tajinya. Melalui skema one-two pass dengan Douglas Packer, akselerasi David Laly berhasil menembus lini pertahanan PSM. Pemain asal Wamena itu kemudian melepaskan tembakan menyusur tanah yang mengecoh penjaga gawang Syaiful. Skor imbang 1-1.

Tak mau kehilangan poin penuh, Reinaldo Elias merespons dengan sundulannya pada menit ke-76. Sayangnya, sundulan top skor PSM Makassar tersebut masih belum dapat menyamakan kedudukan. Elias kembali mendulang peluang emas melalui sebuah sundulan di menit ke-78. Lagi-lagi sundulan tersebut masih gagal menemui sasaran.

Usai dua peluang tersebut, lini depan PSM Makassar justru terkesan tampil lebih terburu-buru. Hasilnya, berkali-kali Juku Eja gagal memanfaatkan momentum emas di pertahanan Barito Putera. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Sepanjang pertandingan, Barito masih mendominasi angka penguasaan bola dengan 52%. Namun, dalam segi serangan PSM Makassar unggul jauh dengan total 16 tembakan yang tujuh diantaranya mengarah langsung ke gawang Barito Putera. 
Hasil Pertandingan PSM Makassar vs Barito Putera Skor 1-1


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2017 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - zan/agu)

Keyword