Liga 1 2019

Hasil Persipura vs Persija Skor Akhir 2-0: Juara Bertahan Terpuruk

Oleh: Hendi Abdurahman - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-0 menjadi hasil Persipura vs Persija di Liga 1 2019 yang memberikan kemenangan keenam bagi tuan rumah, sekaligus membuat juara bertahan semakin terpuruk di zona degradasi.
tirto.id - Persipura meraih kemenangan keenamnya musim ini setelah mengalahkan Persija dengan skor 2-0 dalam laga tunda pekan 11 Shopee Liga 1 2019, Rabu (11/9) di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur. Dua gol Mutiara Hitam ditorehkan Gunansar Mandowen dan Boaz Solossa. Sebaliknya, sang juara bertahan makin terpuruk.

Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago tidak banyak melakukan perubahan berarti dalam susunan pemain yang diturunkan. Boaz Solossa dan Mamadou Samassa menjadi tandem di lini depan yang ditopang Oh In-kyun di lini kedua.

Sementara itu, Persija memainkan dua penggawa asing anyarnya, Xandao dan Joan Tomas secara bersamaan. Marko Simic, ditopang Riko Simanjuntak tetap jadi pilihan utama guna membobol gawang lawan.

Di babak pertama, kedua tim seolah kesulitan untuk membongkar pertahanan masing-masing lawan. Joan Tomas yang menjadi penggerak serangan tim tamu terlihat belum terlalu padu. Di sisi lain, Persipura yang mengandalkan kecepatan untuk mencetak gol selalu kandas saat memasuki area penalti Persija.

Pada menit 21, percobaan Boaz Solossa yang melakukan tendangan dari luar kotak penalti masih bisa dimentahkan Shahar Ginanjar kendati mengarah ke gawang. Dari kubu Macan Kemayoran, pergerakan serta umpan Riko Simanjuntak yang diarahkan kepada Marko Simic jarang berbuah peluang berbahaya. Skor 0-0 pun menjadi hasil paruh pertama.



Di babak kedua, tepatnya pada menit 58, umpan Joan Tomas di sisi kanan tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Xandao yang melakukan overlap. Sepakan penggawa asal Brasil itu masih menyamping di sisi gawang Dede Sulaiman.

Guna meningkatkan serangan, Jacksen F. Tiago memasukkan Gunansar Mandowen menggantikan Ian Kabes. Hasilnya, sepuluh menit berada di lapangan, Mandowen sukses memecah kebuntuan. Tusukannya di sisi kanan memperdayai bek Persija untuk kemudian melepaskan tendangan yang tak mampu dibendung Shahar Ginanjar. Skor 1-0.

Semangat Mutiara Hitam terlecut. Pada menit 71, Boaz Solossa menggandakan keunggulan lewat tendangan lob usai menerima umpan Todd Rivaldo Ferre. Shahar yang sudah terlanjur maju gagal menghalau bola. Skor 2-0.

Tertinggal dua angka membuat Macan Kemayoran mulai fokus menyerang. Masuknya Bambang Pamungkas menggantikan Sandi Sute sempat mengubah jalannya permainan. Akan tetapi, hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga, skor tidak berubah.

Pencetak Gol: Gunansar Mandowen '66, Boaz Solossa '71 (Persipura)

Susunan Pemain

Persipura: Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Israel Wamiau (Imanuel Wanggai); M. Tahir, Oh In-kyun (Ronaldo Mesido), Ian Kabes (Gunansar Mandowen), Todd Rivaldo Ferre; Boaz Solossa, Mamadou Samassa.

Persija: Shahar Ginanjar; Dany Saputra (Ramdani Lestaluhu), Xandao, Fachrudin, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa (Heri Susanto); Tony Sucipto, Sandi Sute (Bambang Pamungkas), Joan Tomas, Riko Simanjuntak; Marko Simic.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight