Hasil Akhir PSM vs PSIS 0-1, Rekor Menang Kandang Juku Eja Pecah

Oleh: Hendi Abdurahman - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil akhir PSM vs PSIS skor 0-1. Rekor kemenangan kandang PSM Makassar pecah gara-gara gol PSIS yang diciptakan oleh Heru Setiawan.
tirto.id - PSM gagal meraih kemenangan usai dikalahkan PSIS dengan skor 0-1 dalam laga tunda pekan 11 Shopee Liga 1 2019 yang dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (11/9). Gol tunggal kemenangan Mahesa Jenar diciptakan oleh Heru Setiawan pada menit 63.

Kekalahan tersebut sekaligus memutus rekor kandang PSM musim ini yang selalu menang saat bermain di hadapan pendukungnya.

Berambisi untuk meraup tiga poin, Darije Kalezic langsung menurunkan Amido Balde di lini depan, dibantu Zulham Zamrun dan Rahmat di kedua sisi. Tak kalah gentar, Mahesa Jenar melalui pelatihnya, Bambang Nurdiansyah juga memberikan kesempatan debut kepada Jonathan Cantillana untuk mendampingi Claudir Marini di barisan penyerang.

Tempo permainan tidak terlalu cepat di awal babak pertama. Kendati demikian, PSM lebih banyak menguasai bola dibandingkan tim tamu. Wiljan Pluim menjadi sosok sentral di lini tengah. Beberapa kali pergerakannya mengawali serangan tuan rumah.

Sebaliknya, PSIS lebih mengandalkan serangan balik cepat. Dengan garis pertahanan rendah, Septian David Maulana kerap mengawali serangan. Pada menit 32 misalnya, peluang yang didapat Hari Nur Yulianto berasal dari kecepatan mantan penggawa Mitra Kukar tersebut.

Satu kesempatan terbuka yang berpotensi melahirkan gol diperoleh PSM lima menit jelang turun minum. Akan tetapi, Amido Balde tak mampu memanfaatkannya dengan sempurna. Babak pertama pun berkesudahan dengan skor 0-0.

Di babak kedua, justru PSIS yang mampu memecah kebuntuan. Diawali pressing ketat di daerah pertahanan PSM, Hari Nur Yulianto berhasil mengganggu Aaron Evans yang tengah menguasai bola. Sapuannya sukses diblok dan mengarah kepada Heru Setiawan. Tanpa kesulitan Heru melepaskan tendangan keras dan membuat skor berubah 0-1.

Tertinggal satu angka membuat Juku Eja menaikkan intensitas serangan. Pelatih Darije Kalezic memasukkan Ferdinand Sinaga menggantikan Raphael Maitimo. Asa untuk menyamakan skor pun hampir terwujud pada menit 75.

Maju sebagai eksekutor tendangan bebas, sepakan melengkung Wiljan Pluim hanya membentur mistar gawang. Bola muntah kemudian dihalau oleh barisan pertahanan Mahesa Jenar.

Di sepuluh menit terakhir, serangan demi serangan dilancarkan Juku Eja. Dua peluang diperoleh Amido Balde pada menit 80 dan 84. Namun, tendangan dan sundulan mantan penyerang Persebaya tersebut masih gagal membuahkan hasil.

Satu kesempatan terakhir didapat tuan rumah di penghujung pertandingan. Lagi, sontekan Amido Balde memanfaatkan crossing dari sisi kiri masih kelewat tinggi di atas mistar. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga, skor 0-1 untuk kemenangan PSIS.

Pencetak Gol: Heru Setiawan '63 (PSIS)

Susunan Pemain

PSM: Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman (Rasyid Bakri), Benny Wahyudi; M. Arfan (Rizky Pellu), Raphael Maitimo (Ferdinand Sinaga), Wiljan Pluim; Zulham Zamrun, Rahmat, Amido Balde.

PSIS: Jandia Eka Putra; Frendi Saputra (Safrudin Tahar), Wallace Costa, Ganjar Mukti, Finky Pasamba; Fredyan Wahyu, Heru Setiawan (Eka Febri), Septian David; Hari Nur Yulianto, Jonathan Cantillana, Caludir Marini (Komarudin).

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Agung DH
DarkLight