Hasil Persebaya vs PSIS di Liga 1: Bajul Ijo Masuk Lima Besar

Oleh: Hendi Abdurahman - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan antara Persebaya vs PSIS di pekan 34 GoJek Liga 1 2018, Sabtu (8/12/2018) berakhir dengan skor 1-0.
tirto.id - Laga antara Persebaya vs PSIS pada pekan 34 alias laga terakhir GoJek Liga 1 2018 yang dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/12/2018) berakhir dengan skor 1-0. Gol tunggal Fandi Eko Utomo pada menit 56 membuat Bajul Ijo untuk sementara naik peringkat.

Dengan tambahan tiga poin di laga ini, Persebaya naik ke posisi lima klasemen sementara. Anak asuh Djadjang Nurjaman menggeser Borneo FC yang baru memainkan laga terakhirnya pada Minggu (9/12/2018). David Da Silva dan kawan-kawan membukukan 50 poin hasil dari 14 kali menang, delapan kali seri, dan 12 kali kalah.

Sementara bagi PSIS, kekalahan yang diderita di laga ini membuat mereka tertahan di posisi sembilan. Mereka mengoleksi poin 46 dengan rincian 13 kali menang, tujuh kali seri, dan 14 kali kalah. Klasemen kedua tim masih bisa berubah lantaran tim-tim lain baru memainkan laga terakhirnya pada malam nanti dan besok sore.

Imbang di Babak Pertama

Di awal-awal pertandingan, Persebaya tampil menekan dan terlihat ingin mendominasi permainan. Peluang yang didapat oleh David Da Silva pada menit keenam dan Rendi Irwan pada menit ke-27 belum mampu menggetarkan gawang Mahesa Jenar yang dikawal Joko Ribowo.

Kendati demikian, PSIS tak tinggal diam. Alih-alih tampil bertahan, skuat asuhan Jafri Sastra justru meladeni tuan rumah dengan peluang yang tak kalah bahaya. Hari Nur Yulianto dan Bruno Silva beberapa kali membuat suporter tuan rumah kaget.

Bahkan di pengujung babak pertama, Bruno Silva hampir saja mencatatkan namanya di papan skor andai kaki Miswar Saputra tak menggagalkan peluang tersebut. Paruh pertama pun ditutup dengan skor 0-0.


Babak Kedua

Persebaya tak mengendorkan serangan di babak kedua. Delapan menit berlangsung, Fandi Eko Utomo mampu melakukan akselerasi dari lini tengah. Melihat celah kosong, pemain berusia 27 tahun itu melepaskan tendangan dari jarak jauh. Namun, sepakannya masih tipis menyamping di sisi kiri Joko Ribowo.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh para suporter Persebaya pun akhirnya datang pada menit ke-56 melalui Fandi Eko Utomo. Diawali kerja sama Irfan Jaya dan Rendi Irwan di sisi kanan, Fandi yang tak terkawal di kotak penalti mampu memanfaatkan bola rebound. Skor berubah 1-0.

Skuat asuhan Jafri Sastra memberikan perlawanan yang cukup merepotkan. Sosok Bruno Silva menjadi teror tersendiri bagi barisan pertahanan Bajul Ijo. Beberapa kali serangan Mahesa Jenar bertumpu pada pemain berusia 27 tahun itu. Salah satunya yakni tendangan bebasnya pada menit 76 yang hampir saja mengubah kedudukan, akan tetapi mesti sudah mengarah ke pojok kiri, bola masih dapat diamankan Miswar Saputra.

Persebaya seolah tak puas dengan keunggulan satu angka. Di pengujung laga, David Da Silva yang berambisi menambah pundi-pundi golnya di Liga 1 mesti puas dengan torehan 20 gol sebab peluang terakhirnya melalui tendangan bebas hanya menyamping tipis. Skor 1-0 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit.

Susunan Pemain Persebaya vs PSIS

Persebaya: Miswar Saputra; Rachmat Irianto; M. Syaifuddin; Otavio Dutra; Ruben Sanadi; Misbakus Solikin; Fandi Eko Utomo; Rendi Irwan; Oktafianus Fernando; Irfan Jaya; David Da Silva.

Cadangan: Dimas Galih; Andri Muliadi; O.K John; M. Hidayat; Abu Rizal; Ferinando Pahabol; Riky Kayame.

PSIS: Joko Ribowo; Gilang Ginarsa; Haudi Abdillah; Petar Planic; Safrudin Tahar; Bayu Nugroho; Nerius Alom; M. Yunus; Haru Nur Yulianto; Komarudin; Bruno Silva.

Cadangan: Jandia Eka Putra; Fauzan Fajri; Aqsha Saniskara; Aldaier Makatindu; M. Wahyu; Hafit Ibrahim; Melcior Majefat.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram