GoJek Liga 1 2018

Babak Pertama Persebaya vs PSIS Berakhir Tanpa Gol

Oleh: Hendi Abdurahman - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-0 menjadi hasil babak pertama antara Persebaya vs PSIS di laga pekan 34 GoJek Liga 1 2018.
tirto.id - Babak pertama laga Persebaya vs PSIS dalam pekan pamungkas GoJek Liga 1 2018 yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/12/2018) berkesudahan dengan skor sementara 0-0. Meski kedua tim memiliki beberapa peluang berbahaya, paruh pertama ditutup dengan hasil imbang.

Didukung oleh puluhan ribu suporter yang memadati stadion, Persebaya bertekad meraih kemenangan dengan menurunkan komposisi terbaik. Di lini belakang, absennya Fandry Imbiri ditambal oleh Rachmat Irianto. Sementara Rendi Irwan menjadi pemain yang bertugas mengatur lini tengah sekaligus penyuplai bola untuk lini depan yang diisi Oktafianus Fernando, Irfan Jaya, dan top skor sementara David Da Silva.

Di lain pihak, PSIS turun dengan patron andalan 4-3-3. Di posisi penjaga gawang, Jandia Eka Putra diparkir untuk digantikan oleh Joko Ribowo. Petar Planic bertugas menjadi komando di lini belakang sementara Nerius Alom, M. Yunus, dan Bayu Nugroho menjadi nama-nama yang bertugas menjadi penyeimbang lini tengah. Adapun tiga nama di lini serang ditempati oleh Komarudin, Hari Nur Yulianto, dan Bruno Silva.

Waktu menunjukkan menit keenam, Persebaya langsung menggebrak melalui peluang David Da Silva. Mendapat umpan terobosan dari lini tengah, pemain asal Brasil tersebut berhasil melewati kiper Joko Ribowo dan mendapati gawang yang kosong. Sayang, sepakannya masih menyamping tipis di sisi kiri.

Serangan demi serangan terus dilancarkan Bajul Ijo hingga pertengahan babak pertama. Pada menit 27, peluang terbaik kembali didapat melalui sepakan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh Rendi Irwan. Lewat kerja sama apik dari lini tengah, Rendi membidikkan tendangan ke arah gawang, akan tetapi sepakannya dapat dihalau oleh Joko Ribowo dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

PSIS tak tinggal diam. Semenit kemudian, Hari Nur Yulianto melakukan tendangan dari jarak yang cukup jauh. Namun, Miswar Saputra yang berada pada posisi yang tepat membuat sepakan kapten Mahesa Jenar itu dengan mudah bisa diamankan.

Dalam kurun waktu lima menit terakhir, kedua tim saling berbalas peluang. Pada menit ke-30, lagi-lagi David Da Silva kembali mendapat peluang. Kali ini, Si Gundul—julukannya—memanfaatkan bola udara hasil dari crossing Rendi Irwan, sayang usahanya masih nihil lantaran sundulannya masih berada tipis di atas gawang. Skor masih 0-0.

Tim tamu tak terlihat gentar di laga ini. Alih-alih bertahan, PSIS justru beberapa kali mendapatkan peluang yang berpotensi menghasilkan gol. Dua menit jelang berakhir laga babak pertama, Bruno Silva hampir saja mencatatkan namanya di papan skor andai kaki Miswar Saputra tak menghalangi bola hasil sepakan Bruno. Hingga wasit Yudi Nurcahya meniupkan peluit tanda berakhirnya laga, skor tetap 0-0.

Susunan Pemain Persebaya vs PSIS

Persebaya: Miswar Saputra; Rachmat Irianto; M. Syaifuddin; Otavio Dutra; Ruben Sanadi; Misbakus Solikin; Fandi Eko Utomo; Rendi Irwan; Oktafianus Fernando; Irfan Jaya; David Da Silva.

Cadangan: Dimas Galih; Andri Muliadi; O.K John; M. Hidayat; Abu Rizal; Ferinando Pahabol; Riky Kayame.

PSIS: Joko Ribowo; Gilang Ginarsa; Haudi Abdillah; Petar Planic; Safrudin Tahar; Bayu Nugroho; Nerius Alom; M. Yunus; Haru Nur Yulianto; Komarudin; Bruno Silva.

Cadangan: Jandia Eka Putra; Fauzan Fajri; Aqsha Saniskara; Aldaier Makatindu; M. Wahyu; Hafit Ibrahim; Melcior Majefat.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram